TOBASA-Dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1440 H di wilayah Kab.Toba Samosir Selasa,(28/5/2019) Polres Tobasa menggelar apel pasukan Operasi Ketupat di halaman mako Polres Tobasa.

Digelarnya Apel pasukan guna pengecekan kesiapan personil Peralatan dan seluruh aspek pendukung operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara, apel ini juga untuk menunjukkan kesiapan penyelenggara operasi kepada publik untuk menumbuhkan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat luas.

Wakapolres Tobasa Kompol Arifin Siagian dalam sambutannya mengungkapkan Kapolri untuk Operasi Ketupat Toba 2019 oleh jajaran Polres Toba Samosir menegaskan kepada seluruh penyelenggara operasi untuk mempersiapkan secara optimal seluruh aspek penyelenggara operasi supaya operasi terselenggara dengan sukses, aman dan lancar.

Usai gelar apel Pasukan, Wakapolres kepada awak media menyampaikan, Setiap personil harus mempertahankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan untuk menghadapi setiap potensi gangguan.j "Jaga dan pelihara soliditas dan sinergitas seluruh komponen penyelenggara operasi serta laksanakan setiap penugasan dengan penuh semnagat dan tanggung jawab demi keberhasilan operasi,"tuturnya.

Untuk Operasi Ketupat Toba 2019 di jajaran Polres Tobasa bersama TNI dan seluruh Komponen penyelenggara memprioritaskan titik pengamanan utama di beberapa titik tertentu diantaranya, setiap lokasi wisata, ibu kota Kabupaten dan kota Kecamatan diantaranya Silimbat, Porsea, Lumbanjulu, Habinsaran, Laguboti, Pelabuhan Ajibata, Pelabuhan Balige, beberapa Objek Vital khsususnya Jalan Negara Jalinsum Lintas Barat Kab.Toba Samosir.

"Disetiap titik Posko pengamanan ditempatkan beberapa personil gabungan penyelenggara Operasi Ketupat Toba 2019 dari setiap unsur pemanagku penyelenggara operasi di Kab.Toba Samosir.semua bertugas selama 13 hari kedepan dimulai pada hari Rabu, (29/5) sampai (3/6) 2019," tegas Wakapolres.

Ditegaskan Wakapolres, suksesnya pelaksanaan operasi Ketupat Toba 2019 tetap dengan sinergitas kerja sama antara TNI dengan POLRI dalam menjalankan tugas operasi ketupat Toba 2019. "Dalam hal menjalankan tugas pengamanan Kamtibmas POLRI jajaran Polres Toba tetap menjalin komunikasi dan kerjasama yang tetap solid dan bersinergi dengan TNI dan setiap unsur penyelenggara Operasi demi kepentingan Masyarakat, Bangsa dan Negara," tegas Wakapolres.

Ditambahkan wakapolres, sekaitan dengan persediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) disetiap Pom Bensin berdasarkan pemantauan dan pemeriksaan Polres Tobasa di pastikan aman dan suplay pengirman dari Sibolga tetap lancar. Demikian halnya dengan kebutuhan sembako dan harga masih stabil dan terjangkau untuk kebutuhan masyarakat luas.

Kadis Perhubungan Kab.Toba Samosir Pargaulan Sianipar kepada wartawan menjelaskan, Dishub Tobasa bersama sama dengan jajaran Polres Tobasa beserta para pasukan gabungan penyelenggara operasi Ketupat Toba 2019 akan tetap bersinergi untuk mensukseskan pelaksanaan operasi ketupat Toba 2019 demi terciptannya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H tahun 2019.

Senada dengan Kadishub, Kepala Dinas Kesehatan Kab.Toba Samosir Dr.Juliwan Hutapea menyampaikan, untuk mendukung suksesnya pelaksanaan operasi Ketupat Toba 2019, Dinas Kesehatan menempatkan personil 1 x 24 jam di setiap titik posko pengamanan yang telah di tetapkan dengan cara kerja personil kesehatan dengan sistem kerja per Shift (pergantian antar waktu jaga tiap personil medis) dengan dilengkapi berbagai perlengkapan peralatan medis dan obat obatan P3K.

Apel Gelar pasukan dihadiri Pasukan KOMPI 125 Simbisa, Jajaran Koramil Kab.Tobasa, personil Dinas Perhubungan Kab.Tobasa, pasukan Pol PP Kab.Tobasa, Securiti Perusahaan, Organisasi Kepemudaan, Dinas Kesehatan Kab.Tobasa dan SUB DENPOM I/ 2 - 6 Balige di komandoi Dan Sub Denpom Lettu CPM Mukhlis.

Hadir dalam apel Gelar Pasukan di Mako Polres Tobasa Kadis Kesehatan dr.Juliwan Hutapea, Kasat Pol PP Tito Siahaan,SH, Kadis Perhubungan, Koordinator BASARNAS Danau Toba O.A Tambunan dan Kasipidum Kejari Toba Samosir AP Frianto N, SH mewakili Kejari.

Dalam apel Gelar Pasukan bertindak sebagai Pemimpin Upacara Iptu Pol Rudi H Tampubolon sebagai Inspektur Upacara Wakapolres Tobasa Kompol Arifin Siagian.*