TOBASA-Bupati Tobasa Ir.Darwin Siagian bersama Istri Senin,(27/5/2019) berikan bantuan kepada 14 Kepala Keluarga Korban rumah kebakaran di Siraituruk desa Simpang Siguragura Kec.Porsea yang terjadi Kamis, (23/5/2019) pukul 00.05 dini hari yang alami kerugian dengan taksiran Rp.1,5 Milliar.

Korban 10 unit rumah terbakar (9 Hangus total dan 1 unit rusak parah). Penerima bantuan Sosial dari Pemkab Tobasa yakni Master Sirait (47) rumah dihuni 2 Kepala Keluarga (KK), rumah milik Rena Sinurat (70) dihuni 2 Kepala Keluarga (KK), Rumah milik Tarida Napitulu (70) dihuni 2 Kepala Keluarga (KK), Beres Situmorang (43), Mrupa Tampubolon (50), Busmin Siahaan (60), Ritajulu Sirait (60), Maruddin Sirait (49), Tialam Nadapdap (70) dan Ade Supratna (45) yang dihuni 2 Kepala Keluarga (KK).

Bantuan diberikan untuk meringankan beban para korban supaya bisa mendirikan rumah tinggal mereka yang sudah hangus terbakar. Bantuan yang diserahkan Bupati dari pemkab Tobasa berupa 350 lembar Seng 8 kaki, 100 sak Semen 40 Kg, 50 batang kayu beroti 10 x 5 x 4 M, 100 Lembar Triplek 4 mm, 30 Kg Paku seng, 30 Kg paku 2, 1/2 mm dan 30 Kg 1 Inchi.

Batuan sembako yang di berikan Bupati terdiri dari Beras 420 Kg, Telur 420 Butir, Minyak goreng 28 Kg, Gula Pasir 28 Kg, Bubuk Teh 28 Kotak, Kopi 14 Kg dan Mi Intand 14 Kardus.

Diluar bantuan yang di berikan Bupati, Dinas Sosial Kab Tobasa melalui Kepala Dinas Dr Rajaipan Sinuray, M.Kes juga memberikan bantuan berupa Tenda Biru 14 gulung, sandang 14 paket, Panci/Dandang 14 buah, Matras 28 Lembar, Selimut Woll 14 Potong, Food Ware 14 Paket dengan total dana Rp. 16.790.396.

Warga korban kebakaran penerima bantuan dari Pemkab Tobasa yang diserahkan oleh Bupati bersama istri didampingi oleh Camat Porsea Robert Manurung,SH. Dalam acara pemberian bantuan sekalian Bupati dan jajarannya melaksanakan doa dan syukuran (mangupa upa,bahasa Batak,red).

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, kiranya seluruh korban dan keluarga sabar, tabah dan kuat dalam menerima kenyataan ini. "Kiranya Tuhan menambahkan rahmat dan ridhonya kepada seluruh korban karena pada saat kejadian tidak menelan korban jiwa dari seluruh keluarga korban kebakaran walau tidak satupun harta benda yang bisa terselematkan semua hangus di lalap sijago merah,"imbuhnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Drs Bonar MT Butarbutar dalam kesempatan tesebut menegaskan, untuk seluruh berkas kependudukan yang telah hangus terbakar (Kartu Keluarga (KK), KTP, Akte Lahir, Akte Kawin) Disduk Catpil Tobasa akan mengurusnya dan berharap Kepala Desa secepatnya memberikan data data para korban untuk mempercepat proses dan penerbitan berkas kependudukan para korban.

Sekaitan dengan Ijazah atau berkas yang berkaitan dengan berkas dokumen pendidikan para korban, Dinas Pendidikan Kab.Tobasa melalui Kepala Dinas Drs,Parlinggoman Panjaitan,M.Si menyampaikan, segala berkas ataupun ijazah yang telah hangus terbakar Dinas Pendidikan Kab.Tobasa siap dan akan segera mengurusnya dan menerbitkannya.

Dinas Pendidikan juga memberikan bantuan uang sebesar Rp.3.500.000 yang dikumpulkan dari bantuan suka rela seluruh staf Dinas Pendidikan.

Seluruh berkas bila sudah selesai akan langsung diserahkan kepada seluruh korban. "Demi mempermudah dan mempercepat kepengurusannya tentunya kita membutuhkan data data para korban yang Ijazahnya hangus terbakar melalui Kepala Desa,"paparnya.

Pemberian Bantuan Bupati didampingi oleh Plt.Sekda Kab.Tobasa Harapan Napitupulu, Kadis Kominfo Lalo H.Simanjuntak, Kadis Tenaga Kerja Tumpal Sianturi, Kadis PMD Perlindungab Anak dan Perempuan Hendri Silalahi, Kadis Keuangan Ganyang Situmorang, Kadis Perpustakaan Drs.Wilker Siahaan, Kadis Pertanian Sahat Manullang, Kaban BPBD Herbert Pasaribu, Kadis Sosial dr.Rajaipan Sinurat,Mk.Kes, Kasat Pol PP Tito Siahaan,SH.hadir dalam acara syukuran (mangupa upa) Wakapolres Tobasa Kompol Arifin Siagian,  Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kecamatan Porsea.*