TOBASA-Warga masyarakat Kab Toba Samosir di wakili para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda diantaranya Tokoh Pemuda Kecamatan Sigumpar Sabar Pasaribu menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap TNI-Polri atas usaha dan peran penting TNI - Polri dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikannya karena TNI-Polri telah mengamankan jalannya pelaksanaan pemilu 2019 hingga terlaksananya Pengumuman Hasil Pilpres serta pengamanan kantor Bawaslu dan KPU Pusat di Jakarta atas terjadinya aksi Damai 21/22 Mei yang lewat.

Selain apresiasi, mereka juga memanjatkan doa syukur untuk kesehatan dan keselamatan para petugas aparat TNI - Polri dalam menjalankan tugas dan fungsinya  demi terjaganya situasi yang aman dan kondusif di NKRI khususnya di Kabupaten Tobasa.

"Pemuda Kecamatan Sigumpar sangat berharap kepada aparat yang bertugas melakukan pengamanan di sekitar gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pasca BPN Capres Prabowo/Sandi memasukkan Gugatan sengketa Pemilu 2019 yang di tuding pelaksanaannya penuh dengan kecurangan yang Terstruktur, Sitematis dan Masif (TSM) supaya bertindak tegas bila terjadi aksi yang anarkis," harap Sabar Pasaribu.

Sabar Pasaribu Tokoh Pemuda Sigumpar menegaskan, kami Pemuda/Pemudi dan Masyarakat Kec Sigumpar merasa prihatin, dimana pesta demokrasi yang sudah berjalan dengan kondusif, dicederai oleh sekelompok pihak perusuh pada aksi 21-22 Mei kemarin. Bahkan, ia menilai para perusuh telah melakukan tindakan cenderung anarkis.

"Bila ada kemungkinan hal seperti itu akan terjadi di daerah kami Toba Samosir, Kami mendukung Polri (Polres Tobasa) dan TNI untuk menindak tegas pàra perusuh demokrasi yang merugikan rakyat Indonesia khususnya warga masyarakat Kab.Toba Samosir,” sambungnya.

Menurutnya, jika memang ada pihak yang merasa dirugikan dalam kontestasi pemilu 2019 ini, maka seharusnya yang bersangkutan menempuh upaya Hukum yang lebih tinggi. Pasalnya, itu merupakan hak setiap warga negara Indonesia.

“Tentu kita paham asas hukum pidana, siapa yang mendalilkan maka dia yang harus membuktikan. Bukan berarti malah sebaliknya, dengan membuat kerusuhan yang dilakukan oleh sekelompok pihak dan pada akhirnya masyarakat secara luas yang dirugikan,” ujarnya.

Sementara itu Tokoh Pemuda Kab Tobasa Binahar Napitupulu sabtu,(25/5/2019) kepada Gosumut menegaskan, pihaknya tak setuju tindakan yang dilakukan oleh sekelompok massa dalam aksi 21-22 Mei.

“Kami pada dasarnya menentang gerakan-gerakan di luar aturan hukum yang berlaku, dan pergerakan-pergerakan yang ingin memecah belah bangsa Indonesia dan memecah-belah Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Kami Pemuda dan Pemudi Toba Samosir mendukung TNI-Polri untuk mengamankan Indonesia, khususnya jajaran Polres Tobasa untuk mengamankan wilayah Hukumnya Kab.Toba Samosir,” tegas Binahar.

Di tempat terpisah Robert Pardede alias Kempes tokoh Masyarakat yang juga Ketua Gapensi Toba Samosir menyampaikan pendapatnya. "Menurut pengamatan kami selaku warga sipil yang tinggal jauh di daerah dan pedesaan yang cinta NKRI Gerakan Aksi pada 21-22 Mei kemarin menurut hemat kami bukanlah riil kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum, akan tetapi lebih tepatnya adalah gerakan yang mengganggu keamanan yang mengakibatkan terjadinya kerusuhan melalui provokator mungkin sudah by design,” oleh oknum tertentu,"terang Robert Pardede Tokoh Masyarakat Kab.Toba Samosir.

Dia memghimbau kepada seluruh warga Tobasa khususnya masyarakat Indonesia, marilah kita sama sama saling menjaga keamanan dan kekondusipan daerah kita. "Hendaklah kita hindari perpecahan marilah kita Kerja,Kerja dan Bekerja demi kebutuhan hidup dan keluarga. Jangan karena perbedaan pendapat dan pilihan terpecah,tetaplah kita bersatu dalam perbedaan dan keberagaman," harapnya.

"Kami Tokoh Masyarakat mendukung penuh TNI-Polri dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga kemanan dan ketertiban Bangsa dan Negara serta kami juga mengucapkan terima kasih atas usaha dan jerih payah yang telah diberikan TNI-Polri demi menjaga keamanan dan ke kondusifan Negara Kita tercinta NKRI," tegas Robet alias Kempes.

Terpisah, Kabag Humas Polres Tobasa Ipda Pol Bungaran Samosir menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh tokoh Pemuda dan warga Kec.Sigumpar yang mendukung upaya dan kinerja Polri dan TNI. Hal tersebut akan menjadi dukungan penuh agar jajaran Polri-TNI khususnya jajaran Polres Tobasa bekerja lebih baik dan semakin lebih proaktif lagi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada lapisan masyarakat yang mendukung TNI-Polri dalam kegiatan pengamanan ini. Agar masyarakat segera bersatu dalam membangun bangsa ini. Jangan sampai mau diadu domba oleh berbagai pihak yang menyebabkan bangsa tidak aman dan nyaman,” jelas Ipda Pol.Bungaran Samosir Kabg Humas Polres Toba Samosir.*