TOBASA-Terjadinya musibah kebakaran di Siraituruk desa Simpang Siguragura Kecamatan Porsea Kab Toba Samosir Kamis dini hari (23/5/2019) pukul 00.05 WIB yang menghanguskan 9 unit rumah mengundang rasa simpati berbagai pihak.

Meyikapi musibah kebakaran yang dialami warga, Humas PT Toba Pulp Lestari (PT TPL Tbk) Kamis, (23/5/2019) sekitar pukul 10.00 WIB datang menjenguk sembari memberikan bantuan awal sebagai tali Kasih kepedulian perusahaan kepada korban bencana kebakaran.

Bantuan awal tersebut diberikan untuk meringankan beban mental para korban dan keluarga atas musibah kebakaran yang menimpa mereka. "Pagi hari pihak Perusahaan langsung datang memberikan bantuan melalui staf kehumasan perusahaan Jerri Tobing, Hotner Tampubolon, Ramson Simamora dan beberapa staf PT TPL," aku Kades kepada Gosumut dilokasi kejadian.

Juliandri Hutabarat Bagian Humas PT TPL Tbk kepada Gosumut via seluler mengklarifikasi sekaitan tidak diangkatnya telepon Kepala Desa Simpang Siguragura oleh beberapa staf Humas Perusahaan yang dihubungi Kepala Desa dengan tujuan meminta bantuan mobil pemadam kebakaran saat kejadian kebakaran. "Pada saat tengah malam waktu kejadian bencana kebakaran terjadi Kepala Desa Simpang Siguragura telah berulang ulang menghubungi via telefon seluler milik masing masing staf di tengah malam waktu kejadian, hal tersebut bukanlah unsur kesengajaan atau ketidak pedulian staf bagian Humas perusahaan. Hal tersebut dikarenakan sudah larut malam dan masing masing sudah terlelap tidur dan bisa jadi Hp masing masing tidak berdekatan dengan mereka disaat sedang tidur walaupun tetap di aktifkan," imbuhnya.

"Sekali lagi kami tekankan hal tersebut bukanlah unsur kesengajaan atau ketidak perdulian. Tidak diangkatnya telefon Kepala Desa dikarenakan masing masing sudah terlelap tidur, tentunya mungkin dikarenakan sudah kecapekan dengan berbagai tugas dan pekerjaan masing masing selama seharian dan berbagai kesibukan kerja masing masing yang tentunya melelahkan dan menguras energi ditambah dengan sudah larut malam," jelas Juliandri.

Sebagai bukti kepedulian perusahaan, di pagi harinya melalui beberapa staf bagian Kehumasan Perusahaan ,pimpinan perusahaan langsung memerintahkan bagian Humas untuk menyampaikan bantuan awal diluar bantuan lainnya yang akan menyusul sesuai permohonan para korban melalui Kepala Desa.

Pemberian bantuan awal disampaikan oleh  Jerri Tobing dan beberapa staf pada Bagian Kehumasan Perusahaan untuk menyampaikan bantuan awal sebagai Tali Kasih kepedulian Perusahaan atas musibah kebakaran yang menimpa 14 Kepala Keluarga, warga Siraituruk desa Simpang Siguragura.

Perusahaan memberikan bantuan sembako, beras 10 karung ukuran 20 Kg, Supermi 10 dus dan Aqua gelas 10 dus disamping nantinya bantuan susulan dari perusahaan.

Pada kesempatan tersebut melalui perwakilan perusahaan Jerri menekankan kepada Kepala Desa supaya secepatnya Kepala Desa membuat dan menyampaikan proposal permohonan bantuan untuk para korban, supaya bisa di bantu oleh perusahaan.

Para Korban yang mengalami musibah kebakaran yakni rumah Master Sirait (47) dihuni 2 Kepala Keluarga (KK), rumah milik Rena Sinurat (70) dihuni 2 Kepala Keluarga (KK), Rumah milik Tarida Napitulu (70) dihuni 2 Kepala Keluarga (KK), Beres Situmorang (43), Mrupa Tampubolon (50), Busmin Siahaan (60), Ritajulu Sirait (60), Maruddin Sirait (49), Tialam Nadapdap (70) dan Ade Supratna (45) yang dihuni 2 Kepala Keluarga (KK). Dimana ke 10 unit rumah yang terbakar dihuni sebanyak 14 Kepala Keluarga (KK).*