TOBASA-Untuk mengantisipasi pergerakan massa pasca terjadinya aksi demontrasi di Bawaslu dan KPU Pusat Jakarta semenjak 21 Mei 2019 hingaa saat ini Jumat, 24 Mei 2019, Polres Tobasa gelar Razia Cipta Kondisi.

"Operasi Cipta Kondisi ini melaksanakan intsruksi Kapolri yang menegaskan bahwa di setiap jajaran Polres Kabupaten/Kota di setiap Propinsi di seluruh NKRI wajib harus melaksanakan operasi Cipta Kondisi di setiap wilayah jajaran Polres masing masing Kabupaten/Kota. Operasi Cipta Kondisi ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat umum serta mengantisipasi pergerakan massa dan tindakan kriminal lainnya yang disinyalir akan mengancam dan membahayakan keselamatan dan keamanan masyarakat umum khususnya sampai mengganggu Persatuan dan Kesatuan Bangsa," terang Wakapolres Tobasa Kompol Arifin Siagian.

"Operasi Cipta Kondisi oleh Jajaran Polres Tobasa sudah dimulai pelaksanaannya Rabu, 22 Mei 2019 pasca pengumuman hasil Pilpres oleh KPU Pusat pada 22 Mei 2019 pukul 00.00 Wib Dini Hari," terang Wakapolres.

"Kita melaksanakan Razia dalam Operasi Cipta Kondisi ini untuk memantau dan meminimalisir kelompok kelompok masyarakat tertentu yang disinyalir untuk melakukan pergerakan aksi sebagaimana yang terjadi saat ini di Jakarta. Jadi kita berusaha meminimalisir lonjakan pergerakan kelompok warga di daerah ke pusat ibu Kota Propinsi ataupun menuju ibu Kota Negara Jakarta melalui perjalanan darat Jalan Negara Jalinsum Lintas Barat Sumatera, dimana saat ini sedang terjadinya aksi demonstrasi yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat di Jakarta yang menuding pelaksanaan Pilpres 2019 penuh dengan kecurangan "imbuhnya.

Meyikapi hal tersebut, jajaran Polres Tobasa di bawah Komando Kapolres Toba Samosir AKBP.Agus Waluyo,SIK Jumat, (24/5/2019) dengan pro aktif melaksanakan operasi Cipta Kondisi tepatnya di Jalan Negara Jalan Lintas Sumatera depan Mapolres Toba Samosir mulai dari pukul 8.00 WIB pagi hingga Siang pukul.12.30 WIB dan setiap personil wajib siaga di Mako Polres Tobasa serta di setiap tempat bertugas masing masing personil.

Dalam operasi Cipta Kondisi yang langsung dipimpin oleh Wakapolres Tobasa Kompol Arifin Siagian berdasarkan pantauan Gosumut menyetop setiap kendaraan yang melintas serta memeriksa setiap kendaraan Bus/Mini Bus pengangkut penumpang, Kendaraan pribadi dan mobil mobil truck.

"Kami secara khusus melakukan operasi cipta kondisi dan memeriksa setiap mobil yang melintas di Jalan Negara Jalinsum Lintas Barat Sumatera wilayah Hukum Polres Tobasa,"ungkapnya.

Dalam operasi ini personil memeriksa para penumpang setiap mobil khususnya mobil Bus angkutan penumpang antar Kabupaten dan Propinsi seperti mobil bus ALS (Antar Lintas Sumatera) karena mobil Bus ALS adalah salah satu angkutan transportasi darat dari Sumatera ke Ibu Kota Negara Jakarta melalui jalur lintas Barat Sumatera.*