JAKARTA - Memasuki hari ke 19 di bulan suci Ramadhan, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) menggelar peringatan Nuzulul Qur’an 1440 H/2019 M, bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (24/5/2019). Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dengan mengusung tema “Melalui Nuzulul Qur’an Tahun 1440 H/2019 M Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Prajurit dan PNS TNI Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Dalam sambutannya Kasal antara lain menyampaikan bahwa turunnya Al -Qur’an atau Nuzulul Qur’an menandai sebuah babak baru dalam sejarah peradaban umat manusia. Dengan turunnya Al – Qur’an, orang-orang yang bertaqwa akan mendapatkan hidayah dan petunjuknya untuk keluar dari zaman yang penuh kegelapan menuju zaman terang benderang, yang penuh dengan cahaya Ilahi.

“Saya berharap para prajurit dan PNS Angkatan Laut mampu meresapi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’alla yang terdapat dalam Al-Qur’an, sebagai dasar aktualisasi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI di dalam mengemban tugas masing-masing”, ujar Kasal.

Mengakhiri sambutannya Kasal mengajak pajurit dan PNS TNI AL untuk menghayati makna peringatan Nuzulul Qur’an dan menghidupkan bulan suci Ramadhan ini dengan aktifitas Tilawatil Qur’an dan mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur’an pada perilaku sehari-hari.

Peringatan Nuzulul Qur’an 1440 H/2019 M ini diikuti oleh seluruh personel Mabesal baik militer maupun PNS.

Selain menampilkan alunan lagu-lagu Islami dari personel Mabesal, kegiatan ini juga diisi dengan siraman rohani yang disampaikan oleh Prof. Dr. K.H. Othman Omar Shihab, L.c., M.A dan penyerahan zakat dan infak Prajurit TNI Angkatan Laut kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). ***