ASAHAN-Baznas dan Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Asahan menyerahkan Zakat kepada Mustahik di Ramadhan berkah, Jumat (24/5/2019) di Aula Melati Kantor Bupati.

Kegiatan itu dihadiri oleh Plt. Bupati Asahan, Asisten III dan Ketua Baznas kabupaten Asaha beserta pengurus.

Ketua Baznas Kabupaten Asahan Ir. H. Ansa'ari Margolang mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Asahan yang telah mendukung Baznas Asahan.

"Atas nama Baznas Kabupaten Asahan, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah membantu dan mendukung Baznas Kabupaten Asahan dalam setiap kegiatan," ucapnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa untuk hari ini mustahik yang menerima zakat dari Kecamatan Kota Kisaran Barat sebanyak 104 orang dan Kecamatan Kota Kisaran Timur 96 orang.

"Untuk total mustahik yang menerima zakat dari Baznas Kabupaten Asahan sebanyak 1604 orang yang terdiri dari 201 Desa/Kelurahan di Kabupaten Asahan", ujarnya.

Beliau juga melaporkan bahwa zakat yang diterima oleh mustahik ini berupa uang tunai sebesar Rp 500.000,-.

"Semoga dengan bantuan yang diberikan oleh Baznas Kabupaten Asahan ini dapat bermanfaat bagi diri saudara-saudara sekalian," ucap Ketua Baznas diakhir laporannya.

Selanjutnya, Plt. Bupati Asahan H. Surya B.Sc menyerahkan zakat kepada mustahik secara simbolis yang didampingi oleh Asisten III dan Ketua Baznas Kabupaten Asahan.

Dalam kata sambutannya, Plt Bupati Asahan H. Surya B.Sc mengatakan bahwa Zakat merupakan kewajiban umat Islam yang memiliki 2 Dimensi penting yaitu, dimensi ibadah dan dimensi sosial. Ekonomi masyarakat sebagai dimensi sosial, zakat dapat berfungsi sebagai solidaritas sosial, pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan, pertolongan terhadap orang yang tidak berkecukupan dan permasalahan sosial lainnya.

"Potensi yang terkandung melalui zakat dapat digalang, dikembangkan dan dikelola secara profesional, transparan, amanah dan akuntabel. Dengan pengelola zakat yang tergabung dalam badan atau lembaga amil zakat, sehingga para muzakki semakin percaya atas zakat yang dikeluarkannya," terap Surya.*