MEDAN-Bekerja sama dengan Betty Lorensia, Srikandi Botanica mengadakan workshop kaligrafi, Sabtu (18/5/2019). Kegiataan ini ditunjukkan untuk para pemula dimana para peserta akan mempelajari teknik dasar menulis kaligrafi. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 450.000, masing-masing peserta sudah mendapatkan tumbow dual brush pen, tumbow fudenosuke hard, brush calligraphy worksheet, tote bag dan voucher makan senilai Rp 50.000 di Srikandi Botanica.

Betty Lorensia sendiri adalah seniman dan guru kaligrafi asal Medan. Sejak awal 2017, ia telah mengadakan lokakarya untuk siswa di segala usia untuk memperkenalkan seni kaligrafi modern baik dengan kuas dan pena celup.

Beberapa karyanya telah digunakan untuk acara dan tujuan komersial seperti kartu undangan, logo, kue topper, signage, souvenir dan lain-lain. Di waktu luangnya, ia juga menikmati dunia fotografi dan penataan meja untuk acara kecil dan pribadi.

Yasmin selaku Marketing Communication Srikandi Botanica Merdeka Walk Medan mengatakan awalnya kegiatan ini bertujuan untuk alternative kegiataan sembari mengisi waktu luang selama bulan Ramadan. "Apalagi workshop kaligrafi tidak terlalu menguras tenaga seperti kegiataan lainnya. Tidak disangka, antusias para peserta sangat bagus sehingga kuota peserta langsung penuh kurang dari seminggu setelah pendaftaran dibuka,"ungkapnya tentang respon peminat.

Kedepannya, Yasmin berharap bisa lanjut terus kegiataan ini. “Kalo sekarang workshopnya masih untuk tahap pemula, jadi emang masih belajar dari yang paling dasar banget untuk kaligrafi di atas kertas. Kalo udah lancar, semoga di kelas selanjutnya medianya bukan lagi berupa worksheet tapi udah menjadi entah berupa gelas, piring, pakaian atau yang lain,”paparnya.

Selama 3 jam, 10 orang peserta workshop kaligrafi terlihat menikmati setiap goresan yang dibubuhkan di worksheet masing-masing. Angelica, peserta termuda pun mengatakan hal yang sama, “aku seneng banget bisa ikutan workshop ini karena aku emang seneng kaligrafi dan baru kali ini bisa belajar langsung, selama ini aku cuma belajar dari internet aja. Makanya pas kakak aku infoin tentang kegiataan ini, aku langsung bilang mama untuk daftarin aku,"bilangnya.

Ditanya mengenai harapannya ke depan, gadis kecil yang masih duduk di kelas 1 SMP ini pun mengatakan harapannya bisa sepertu Betty Lorensia. “Aku pengen bisa kayak kak Betty, pinter bikin kaligrafi gitu. Ntar kalo kak Betty buka kelas lagi, aku mau ikutan,"imbuhnya.*