Kunjungi Peringatan Nuzulu Qur'an, Plt. Bupati Asahan Sampaikan Pesan Kepada Masyarakat

Kunjungi Peringatan Nuzulu Quran, Plt. Bupati Asahan Sampaikan Pesan Kepada Masyarakat
Plt. Bupati Asahan H. Surya B.Sc saat memberikan kata sambutan di peringantan Nuzulu Qur'an
Selasa, 21 Mei 2019 01:38 WIB
Penulis: Bayu Sahputra
ASAHAN-Plt. Bupati Asahan menghadiri peringatan Nuzulu Qur'an di Masjid Raya Kisaran, Senin (20/5/2019) malam.

Kegiatan diisi dengan ceramah Islam yang dibawakan oleh Ustadz Muhammad Yasir Tanjung, MA yang dihadirkan dari Kota Medan serta di hadiri oleh alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, BKM Masjid dan para jamaah.

Plt. Bupati Asahan H. Surya, B.Sc mengatakan dalam kata sambutannya bahwa tidak teras umat Muslim sebentar lagi memasuki hari ke-17 dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Sambungnya, Di mana hal ini bertepatan dengan turunnya Alquran atau dikenal dengan peristiwa nuzulul quran. Peritiwa nuzulul quran ini tertulis di dalam Surat Al-Baqarah Ayat 185.

“Bulan Ramadan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” Ungkap Plt Bupati.

Mantan Wakil Bupati Asahan itu menuturkan bahwa peringatan Nuzulu Quran Bukan hanya sekedar simbol turunnya Kitab Sucu Al Quran, namun dapat menjadi moment kebangkitan umat, banyak makna terkandung di dalamnya. Al Quran sebagai sumber hukum agama hendaknya dapat dijadikan sebagai dasar dan pedoman hidup umat islam.
Ads

"Setidaknya ada ada 3 makna yang terkandung dalam peringatan Nuzulu Qur'an. Yang pertama membudayakan masyarakat membaca kita sucu Al Qur'an, yang kedua, masyarakat mampu menguasai ilmu dan teknologi dan yang ketiga masyarakat dapat berpikir logis dan bertindak sesuai hukum," jelasnya.

"Membaca Al Qur'an harus dipupuk sejak usia dini dan dijadikan kebiasaan sehari-hari masyarakat. Bukan hanya sekedar dapat membaca, masyarakat juga harus tahu arti dan dan mengamalkan Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.*
wwwwww