Dampingi Wabup Kunker ke Desa Pea Talun

Kadis Pertanian Beri Apresiasi Kelompok Tani Karcis yang Sukses Bertani Bawang Merah

Kadis Pertanian Beri Apresiasi Kelompok Tani Karcis yang Sukses Bertani Bawang Merah
Kadis Pertanian Sahat Manullang bersama Wabup Toba Samosir Ir.Hulman Sitorus saat melakukan Kunker di Dusun Sosordolok Desa Hutagaol Peatalun atas keberhasilan Kelompok Tani Karcis bercocok tanam Bawang Merah.
Selasa, 21 Mei 2019 19:41 WIB
Penulis: Marimbun Marpaung
TOBASA-Wakil Bupati Tobasa Ir Hulman Sitorus melakukan kunjungan kerja ke Dusun Sosor Dolok, Desa Hutagaol Pea Talun Kec. Balige, Selasa, (14/5/2019).

Hadirnya Wabup Tobasa di Dusun Sosor Dolok desa Huta Gaol Pea Talun  disambut oleh masyarakat khususnya anggota Kelompok Tani Karcis dengan antusias. Kegembiraan warga di tunjukkan dengan sambutan yang ramah dan langsung bersalaman dengan Wabup beserta rombongan dan langsung duduk bersama warga di atas tikar yang sudah di gelar oleh warga desa, dalam kesempatan tesebut Wabup menolak untuk duduk di kursi yang disediakan warga.

  Kadis Pertanian Sahat Manullang dalam laporannya menyampaikan, bahwa Kelompok Tani Karcis telah berhasil melaksanakan pertanaman bawang merah dengan hasil yang sangat bagus.

"Hasilnya mencapai 350 kg/rante dan Kelompok Tani Karcis Desa Hutagaol Pea Talun sudah sukses melaksanakan 2 kali Tanam dan Panen dan bulan Mei 2019 ini akan melaksanakan pertanaman ketiga," terang Sekretaris Dinas Jerri Silaen kepada Gosumut Selasa, (21/5/2019) di kantornya saat menjelaskan sambutan dan laporan singkat Kadis Pertanian pada saat acara tersebut.
Ads

Dijelaskan Sekdis, bahwa pada Oktober 2018 Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab.Tobasa melalui Kadis Pertanian telah menyerahkan satu unit hand tractor  dan bibit bawang kepada petani melalui kelompok tani dengan tujuan memberikan bantuan untuk meningkatkan tambahan pendapatan masyarakat dari sektor perkebunan dengan usaha pertanaman Bawang Merah.

Pj. Kepala Desa Hutagaol Pea Talun Drs. Tolopan Hutagaol memaparkan bahwa warga desa Hutagaol Pea Talun khususnya dusun 3 dan 4 sudah sangat lama tidak menikmati hasil pertanian yang memadai akibat rusaknya saluran irigasi Sibongbong.

"Dengan diperbaikinya saluran irigasi beberapa tahun yang lalu lahan sawah (pertanian padi) sudah bisa dikelola dengan luas lahan pertanian sawah +_ 40 Ha dari 120 Ha lahan persawahan di desa mereka," jelas Plt Kades.

S.Hutagaol (47) warga Pea Talun yang juga anggota Kelompok Tani Karcis atas nama warga dan kelompoknya menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemkab Tobasa  dengan adanya tambahan penghasilan dengan melakukan pertanaman Bawang Merah.

"Kami sangat terbantu dengan adanya pertananaman bawang merah ini Pak Wakil Bupati. Kami sangat berterimakasih. Namun demikian kami masih mengharapkan tambahan hand tractor Pak," harapnya sekalian mempersilahkan Wabup dan rombongan untuk menikmati Ubi Rebus yang dihidangkan oleh kaum ibu anggota kelompok.

Wabup Tobasa Ir.Hulman Sitorus menekankan warga khususnya Anggota Kelompok Tani harus mengedepankan kejujuran dalam bekerja. "Bibit itu kita beli untuk ditanam oleh warga. Hendaklah Bapak Ibu sekalian menanam bawang ini sesuai dengan jumlah bibit yang kalian terima. Tekunlah maka hasil akan menggembirakan.tetap Belajar, tekun dalam bekerja dan jujur adalah kunci keberhasilan," tegas Wabup.*
wwwwww