PALAS-Pasca warga Siraisan,Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) diterkam Harimau, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) wilayah III Padangsidimpuan melakukan pemburuan terhadap harimau buas di sekitar wilayah hutan Siraisan.

“Pencarian harimau buas itu sudah  kita lakukan sejak jumat lalu setelah kejadian naas itu bersama pihak pemerintah desa ,” kata Hardi Hutabarat Ketua Tim BBKSDA wilayah III Padangsidimpuan ,Selasa (21/5/2029) saat berkordinasi dengan Kades Siraisan,Sangkot Hasibuan.

"Pencarian sudah dilakukan selama tiga hari disekitar hutan dan perkebunan masyarakat , tetapi jejak keberadaan harimau belum ditemukan," kata Hardi.

Namun demikian, lanjutnya,   pihak BBkSDA  akan terus berupaya melakukan pencarian harimau untuk mengantisipasi kekhawatiran warga dengan  kejadian tersebut.

"Kami baru menemukan bukti bekas kaki di tanah, itupun tidak bisa kita pastikan bekas injakan kaki harimau, namun kita tetap melanjutkan pencarian dengan cara memasang perangkap dan cctv pemantau harimau ,"terang Hardi.

Dalam pencarian itu, turut dibantu personil TNI dan Polri, dari Kioramil 08 Barumun, Mapolsek Barumun serta masyarakat desa.

Kepala Desa Sirairan Sangkot Hasibuan,mendukung pihak BBKSDA  untuk kegiatan pencarian harimau buas yang diduga telah mangsa warga.

Ia juga mengimbau warga  agar tetap meningkatkan kewaspadaan agar kejadian serupa tidak terulang lagi terhadap warga lainnya atau warga desa tetangga.

Kata Sangkot , warga  masih takut melakukan aktivitas untuk pergi ke kebun dan kesawah ."Khususnya kalangan ibu rumah tangga karena dihantui rasa ketakutan, jadi memilih tidak beraktivitas pergi kesawah,"pungkasnya.*