Wagubsu Ajak Semua Pihak Sukseskan Sail Nias 2019

Wagubsu Ajak Semua Pihak Sukseskan Sail Nias 2019
Wagubsu didampingi Walikota Gunungsitoli meninjau kondisi Kota Gunungsitoli.
Senin, 20 Mei 2019 14:05 WIB
Penulis: Faogomano Harefa
GUNUNGSITOLI - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Drs. H. Musa Rajekshah, MHum mengajak semua pihak untuk ikut menyukseskan event Sail Nias 2019 sebagai event berskala nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas kepariwisataan di Kepulauan Nias.

Hal itu disampaikan Wagubsu pada pertemuan dengan Kepala Daerah se-Kepulauan Nias yang turut dihadiri Unsur Forkopimda diantaranya Dandim 0213 Nias, Kapolres Nias dan mewakili Kajari Gunungsitoli, Senin (20/5/2019).

Wagubsu berada di Nias didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah Pemprovsu, Kepala BUMN/BUMD Provsu beserta rombongan lainnya mengadakan Kunjungan Kerja di Kepulauan Nias sekaligus melaksanakan acara Buka Puasa bersama dan silaturrahim dengan masyarakat di Kepulauan Nias serta peninjauan beberapa titik yang menjadi persiapan perhelatan Sail Nias yang direncanakan digelar pada September/Oktober 2019 mendatang.

Di kesempatan itu Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua menyambut langsung kedatangan Wagubsu sekaligus menyampaikan ucapan selamat datang secara resmi mewakili Pemerintah dan masyarakat Kota Gunungsitoli. Beliau menuturkan bahwa Pemerintah Kota Gunungsitoli bersama Kepala Daerah lainnya memiliki kebanggaan tersendiri atas kunjungan Wagubsu di bumi Kepulauan Nias yang membawa ketenangan dan kesejukan bagi seluruh masyarakat, terlebih dalam masa penantian menunggu penetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU RI yang tinggal beberapa hari lagi.

Secara khusus beliau menyampaikan rasa gembira atas kunjungan Wagubsu di Kota Gunungsitoli sehingga Wagubsu dapat melihat secara langsung kondisi Kota Gunungsitoli dan berjumpa langsung dengan warganya.

"Kami melaporkan bahwa kondisi Kota Gunungsitoli pasca Pemilu saat ini sangat aman, terkendali dan kondusif. Hal ini berkat sinergitas pemerintah beserta seluruh komponen masyarakat, pelaksana Pemilu dan aparat keamanan yang sigap mengawal dan mengamankan Pemilu. Sehingga atas pertolongan Tuhan yang Maha Kuasa pesta demokrasi ini dapat terlaksana dengan sukses dan damai,” ujarnya.

Ads
Walikota Gunungsitoli juga melaporkan dalam mengisi bulan suci Ramadhan 1440 H / 2019 M di Kota Gunungsitoli, segenap elemen masyarakat menjalankan ibadah puasa dengan penuh kekhidmatan, penuh rasa persatuan dan kekeluargaan, senantiasa disertai rasa toleransi yang tetap terjaga sejak dulu. Demikian halnya Pemerintah dalam memasuki bulan suci ini menyambut gembira dan suka cita, ditandai dengan pelaksanaan Safari Ramadhan Pemerintah Kota Gunungsitoli, sebagaimana agenda rutin Pemerintah untuk mengunjungi warga Kota Gunungsitoli yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan diberbagai Masjid/Surau se-Kota Gunungsitoli. Hal ini merupakan upaya Pemerintah untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dengan segenap masyarakat serta memupuk persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI.

Sementara untuk menyambut Sail Nias pada September/Oktober 2019 ini, Pemerintah Kota Gunungsitoli telah menyiapkan beberapa kegiatan, yaitu Seminar Kebudayaan berlokasi di Museum Pusaka Nias, serta Festival Kopi dan Kuliner yang akan digelar di Taman Yaahowu, seraya menyampaikan permohonan kepada Wagubsu untuk berkenan menghadiri kegiatan ini nantinya.

“Terselenggaranya event besar di Kepulauan Nias yang telah lama di impikan oleh segenap masyarakat Kepulauan Nias ini akan dapat terlaksana berkat dorongan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, untuk itu kami mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya dan berharap agar event-event besar lainnya tetap dapat terlaksana di Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias pada umumnya," ujar Walikota menutup laporannya.

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajeksah dalam arahannya menyampaikan bahwa kunjungan kerja yang ia dan rombongan laksanakan saat ini dalam rangka bertemu dengan masyarakat di Kepulauan Nias serta melihat secara dekat persiapan Sail Nias-Indonesia yang kelak akan digelar pada September/Oktober 2019 yang akan datang. Beliau berharap agar persiapan demi persiapan lebih matang lagi, sehingga kunjungan beliau di Kepulauan Nias serta melihat secara langsung kondisi daerah dan masyarakat sehingga kegiatan seperti ini diharapkan dapat menunjang ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut Wagubsuu juga mengungkapkan rasa syukur atas pelaksanaan Pemilu 2019 yang telah berjalan lancar serta perhitungan suara, hingga menjelang hasil pengumuman secara nasional sembari mengimbau untuk bersabar menununggu dan menerima hasil pengumuman KPU RI nantinya dengan tetap menciptakan suasana kondusif demi keutuhan NKRI.

Seterusnya, Wagubsu juga menyampaikan harapan agar kondisi ekonomi pasar di Kota Gunungsitoli perlahan bisa dibenahi, mulai dari mencari solusi untuk menekan harga pasar yang bermuara pada melonjaknya biaya pengangkutan route Medan-Nias. Beliau berharap agar BUMN/BUMD dapat bekerjasama dengan para pengusaha agar keperluan masyarakat tetap dapat disalurkan dengan harga yang terjangkau. Demikian pula halnya dengan upaya membantu perekonomian masyarakat di Kepulauan Nias, beliau berharap agar Bank Sumut dapat berperan membantu masyarakat agar untuk memenuhi kebutuhannya diantaranya meringankan beban ekonomi masyarakat kecil agar tidak terlilit hutang, penyaluran kredit untuk pengusaha kecil dan hal-hal lainnya.

Di akhir arahannya beliau mengimbau seluruh hadirin untuk menyukseskan event Sail Nias-Indonesia yang berskala nasional ini, sehingga diharapkan dapat meningkatkan turis baik domestik maupun asing berdatangan dengan jumlah yang lebih meningkat lagi. Untuk itu, penataan dan pembenahan sarana dan prasarana serta infrastruktur dan potensi wisata hendaknya lebih dikembangkan lagi, tentunya disertai dengan publikasi dan promosi supaya dapat menarik minat wisatawan.

“Pemprovsu telah berkomitmen untuk turut ambil peran dan membantu pembangunan di Kepulauan Nias” tuturnya sembari menyampaikan salam hangat dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Tak lupa pula beliau mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat dari Pemerintah Daerah se-Kepulauan Nias yang bersahaja dan penuh rasa kekeluargaan, serta berharap agar pertemuan ini akan terus terjaga dan berkelanjutan.

Usai menggelar pertemuan di Aula Lt. II Kantor Walikota Gunungsitoli ini, Wagubsu bertolak menuju Masjid Raya Al-Furqon Kota Gunungsitoli untuk menunaikan Shalat Dzuhur berjama'ah bersama seluruh rombongan, dan selanjutnya bersama Walikota Gunungsitoli melakukan peninjauan lokasi Tugu Gempa dan selanjutnya Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli sebagai salah satu tempat yang direncanakan akan dilaksanakannya Festival Kopi dan Kuliner pada ajang Sail Nias 2019 mendatang.

Usai peninjauan, Wagubsu di Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli, beliau bersama Walikota juga meninjau Pasar Nou Gunungsitoli guna melihat ketersediaan bahan pokok dan kebutuhan masyarakat, juga melihat secara dekat standar harga pasar yang saat ini dipasang para penjual.

Usai bercengkrama dengan para penjual di Pasar Nou Gunungsitoli, Wagubsu melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Nias Utara bersama rombongan. Turut hadir Bupati Nias. Wakil Walikota Gunungsitoli, Wakil Bupati Nias Utara, Kapolres Nias, Dandim 0213 Nias, Kajari Gunungsitoli, Sekda Kota Gunungsitoli, Pimpinan Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Bagian Humas dan Protokol Setdakot Gunungsitoli.***
www www