TEBINGTINGGI-Kepala Kejaksaan Negeri Tebingtinggi M.Novel SH MH tampil sebagai Inspektur dalam upacara Peringatan Harkitnas ke 111. Acara diikuti ratusan peserta di Lapangan Merdeka kawasan Jl.Sutomo Selasa(20/5/2019).

Sambutan menteri Komunikasi dan Informasi RI yang di bacakan kajari Tebing Tinggi mengatakan, sumpah palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

"Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah indonesia seperti secara de jure terwujud dalam negara kesatuan Republik Indonesia. Peringatan hari kebangkitan nasional 2019 sangat relevan jika dimaknai dengan teks sumpah palapa tersebut,"ungkapnya.

"Karena warga Indonesia berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat. Kementrian komunikasi mengaspirasi pilihan yang berbeda- beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti diniatkan untuk kebaikan bangsa," paparnya dihadapan para peserta upacara.

"Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika kita pertajam dan hanya justru mengoyak persatuan sosial kita. Sampai kini tahap tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar. Tentunya semua berkat pengorbanan banyak saudara - saudara kita yang menjadi anggota KKPS, bahkan berupa pengorbanan nyawa dan sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu ini,"imbuhnya.

Selanjutnya diungkapkannya, telah lebih satu abad Indonesia menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajuan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi budi Oetomo, dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan yang merupakan salah satu yang paling ekstrim didunia.

"Kita membuktikan bahwa kita mampu menjaga persatuan sampai saat ini. Dengan semua harapan tersebut kiranya sangat relevan apabila peringatan hari kebangkitan nasional disematkan dengan tema "Bangkit untuk bersatu" kebangkitan untuk persatuan,"ujarnya.

Mengenai perekonomian nasional, ia mengatakan bahwa ekonomi indonesia akan tumbuh menjadi 10 besar bahkan 5 besar dunia dalam kurun waktu 10 s/d 30 tahun mendatang.

"Kuncinya terletak pada hasrat untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang, suasana yang kondusif untuk bekerja,"ungkapnya diakhir pidato.

Harkitnas 2019 dihadiri Walikota Tebing Tinggi, Wakil walikota Tebing Tinggi, kapolres Tebing Tinggi, Dandim 0204/DS diwakili, Danyon B Brimobdasu Tebing Tinggi, Sekdako Tebing Tinggi, kalapas , Kepala Bnnk, para opd,camat dan lurah se kota Tebing Tinggi.*