BELAWAN-Guna mewujudkan kondusifitas Kamtibmas, Polres Pelabuhan Belawan melaksanakan patroli gabungan skala besar jelang pengumuman Pemilu 2019.

Patroli gabungan TNI-Polri itu digelar di sejumlah rute jalan di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan, Minggu (19/5/2019).

Rute jalan yang dilalui dalam patroli tersebut di antaranya, Jalan Raya Pelabuhan-Simpang Buaya-Jalan Kolonel Yosudarso-Simpang Kantor.

Kemudian, Simpang Titi Papan- sampai ke Brayan, Simpang KFC Desa Helvetia-Jalan Veteran-Jalan Marelan Raya.

Terakhir, Simpang Kantor-Jalan Kolonel Yos Sudarso dan kembali ke Markas Komando (Mako) Polres Pelabuhan Belawan.

"Kegiatan malam ini merupakan bagian dari dinamika tugas kepolisian untuk mengantisipasi gangguan kambtibmas di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan khususnya dalam rangka akhir kegiatan Pemilu 2019," ujar Kapolres Belawan, AKBP Ikhwan Lubis SH MH kepada GoSumut, Minggu (19/5/2019).

Dijelaskan Kapolres, dalam pelaksanaanya, sebanyak 100 personel gabungan dikerahkan dalam patroli tersebut.

"Sebelum patroli dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan apel di halaman Polres Bawan yang dipimpin Wakapolres Pelabuhan Belawan, Kompol Taryono Raharja SIK dan Kabag Ops, Kompol Erinal," jelas orang nomor satu di Mapolres Pelabuhan Belawan ini.

Kapolres menyebutkan, selain menggelar patroli skala besar, pihaknya juga akan menempatkan personel di sejumlah titik rawan saat pengumuman hasil akhir Pemilahan Umum (Pemilu) 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

"Semua titik kita anggap rawan. Oleh karenanya, petugas tidak hanya berjaga di satu titik, memobilisasi dari satu titik ke titik lain transportasi sudah disiapkan," sebut mantan Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Sumut ini.

Dari itu, Kapokres mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan memelihara keamanan dan ketertiban selama proses perhitungan suara.

"Bagi masyarakat diminta agar bisa menjaga situasi kamtibmas. Sehingga pesta demokrasi tahun ini bisa membawa kenyamanan dan keamanan untuk masyarakat khususnya di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan," tandas mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan.*