TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Syahrul M Pasaribu mengajak seluruh masyarakat agar jadikan ramadhan ini sebagai wujud kebersamaan dan persaudaraan.

Hal itu disampaikannya pada saat kunjungan Safari Ramadhan kelima beserta rombongan di Masjid Al-Mansyur, Desa Marancar Julu Pekan Arba, Kecamatan Marancar, Sabtu (18/5/2019).

Dalam kunjungan tersebut Bupati langsung menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kepada lima belas orang Mustahik sebesar Rp 500 ribu/orang, kemudian bantuan dari Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) kepada lima orang anak yatim sebesar Rp 150 ribu/orang.

Sedangkan bantuan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) berupa bingkisan kepada delapan orang lanjut usia per Kecamatan. Semua bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati Tapsel didampingi Sekda Tapsel, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan dan Ketua MUI.

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, bahwasanya bulan puasa kerap mengajarkan kita untuk menahan diri dari segala perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT dan dianjurkan juga untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa.

"Apalagi kita sudah memasuki dipertengahan bulan ramadhan yang didalamnya penuh dengan ampunan dan yang terpenting pergunakan bulan ramadhan ini dengan berbanyak amal ibadah serta jadikan bulan ramadan sebagai momen kebersamaan dan persaudaraan,” ujar Syahrul.

Adapun untuk zakat yang diberikan oleh Baznas kepada para mustahik, merupakan penghasilan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dipotong gajinya setiap bulan untuk membayar zakat. "Kitapun patut bersyukur bahwasanya di Tapsel sudah berlangsung relatif cukup baik kurang lebih enam sampai tujuh tahun secara rutin dipotong gajinya untuk zakat begitu juga dengan keluarga besar Kementerian Agama," ucapnya.

Lanjut Syahrul, bahwasanya kurang lebih sebulan yang lewat negara kita baru saja telah melaksanakan pemilu serentak yang menjadi sorotan dunia yaitu melaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden termasuk juga memilih anggota legislatif yaitu DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. "Berkaitan dengan itu, yang jelas pasti masih menghadirkan bekas, khususnya saat beda pilihan, oleh karena itu mari tetap kita jaga persatuan dan kesatuan dan mari kita jadikan Ramadhan ini untuk bisa lebih besar hati menghargai proses dan hasil dari keputusan nantinya,”harap Bupati dua periode di Tapsel ini.

"Mari kita doakan negara dan daerah kita ini tetap kondusif setelah pengumuman nantinya secara resmi pada tanggal 22 Mei, Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Tapsel khususnya Kecamatan Marancar untuk jangan mudah terprovokasi agar harmonisasi kehidupan bermasyarakat terus tercipta kembali dan rasa kebersamaan dan persaudaraan tetap terjalin dengan baik,” tutupnya.

Rombongan safari diikuti, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Ketua MUI Tapsel, Kabag Setdakab Tapsel, Sekcam Marancar, Sekjen DPD KNPI Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, Wakil Ketua TP. PKK, Ketua Dharma Wanita, Ketua BKMT, Ketua LPPLU, pimpinan ormas dan OKP.*