Pascakaburnya Napi Narkotika Langkat

Kapolres Belawan Imbau Rutan Labuhan Deli Tingkatkan Pengamanan

Kapolres Belawan Imbau Rutan Labuhan Deli Tingkatkan Pengamanan
Sabtu, 18 Mei 2019 18:30 WIB
Penulis: Dayat
BELAWAN-Kapolres Belawan, AKBP Ikhwan Lubis SH MH mengimbau kepada Rutan Labuhan Deli untuk meningkatkan pengamanan.Terlebih lagi, terhadap barang-barang bawan para Warga Binaan Permasyarakatan (WBP).

Imbauan itu disampaikan AKBP Ikhwan Lubis saat meninjau Rutan Labuhan Deli Kelas II-B di Jalan Titi Pahlawan Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu (18/5/2019).

Peninjauan tersebut menyusul pasca kaburnya sejumlah Narapidana (Napi)  Kelas III Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kabupaten Langkat, Kamis (16/5/2019).

“Seperti diketahui, di Lapas Narkotika Langkat terjadi peristiwa para Napi mengamuk dan kabur. Dari itu, Rutan Labuhan Deli, diminta untuk senantiasa melakukan pengamanan terhadap barang-barang bawaan WBP,” ujar Kapolres Belawan, AKBP Ikhwan Lubis kepada wartawan, Sabtu (18/5/2019).
Ads

Selain itu, mantan Kasubid Indag Ditreskrimsus Polda Sumut menegaskan, Polsek Medan Labuhan diminta terus melakukan patroli rutin ke Lapas Rutan Labuhan Deli.

“Tujuannya, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.Terutama di Lapas Rutan Labuhan Deli tersebut,” tegas AKBP Ikhwan.

Berkaitan dengan itu, Kepala Rutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang, mengatakan, pihaknya akan terus melakukan kordinasi dengan kepolisian dalam hal pengamanan.

“Sejauh ini, kita terus berkoordinasi dengan Polsek Medan Labuhan untuk pengamanan di Rutan Labuhan Deli,” ujar Nimrot.

Ia mengatakan, sejumlah antisipasi sudah dilakukan pihaknya untuk mengatasi hal serupa terjadi seperti di Lapas Narkotika Langkat.

“Terkait terjadinya pelarian tahanan dari Lapas Narkotika Langkat, segala antisipasi sudah  dilakukan Rutan Labuhan Deli. Seperti meningkatkan pemeriksaan hunian dan pemeriksaan barang bawaan napi dengan lebih teliti dan akurat,” kata Nimrot.

Dari itu, Nimrot menegaskan kepada jajarannya untuk melakukan Standar Operasional (SOP) dalam menjalankan tugas.

“Saya minta petugas agar menjalankan tugas sesuai SOP. Jangan melakukan tindakan kekerasan terhadap WBP yang dapat memicu hal yang tidak diinginkan,” tandasnya.*
wwwwww