PALAS-Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Padang Lawas (Palas) serahkan bantuan peralatan usaha kepada 20 orang masyarakat yang berada diwilayah Kelurahaan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun.

Bantuan alat peralatan usaha berupa mesin jahit dan doorsmer untuk 20 orang untuk penciptaan wirausaha baru melalui program Pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Kementerian Tenaga Kerja diserahkan Jumat (10/5/2019)di aula kantor Disnaker Palas.

  Kelompok usaha yang memperoleh bantuan ini dari Kelurahan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun.

Bantuan usaha berupa mesin jahit, peralatan doorsmeer ini secara simbolis diserahkan Kadis Nakertran Palas Drs.Ramal Guspati Pasaribu didampingi Kepala Seksi Tenaga Kerja Mandiri Kemnaker RI Wahyu Pitoyo .SE.MM dan Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Jhonedi.

Kadis Tenaga Kerja Palas Drs Ramal Guspati Pasaribu mengatakan tujuan program ini untuk membantu wirausaha baru dalam meningkatkan produktivitas dan peningkatan usaha menengah.

"Bantuan tersebut sesuai dengan proposal yang dimasukkan masyarakat ke disnaker," kata Ramal didampingi Kabidnya Jhonedi.

Selain penyerahaan bantuan peralatan usaha, para peserta penerima bantuan juga diberikan pembekalan tentang penciptaan wirausaha baru melalui tenaga kerja mandiri tahun 2019 yang  disampaikan narasumber dari Kemnaker RI Wahyu Pitayo.SE.MM.

Kata Wahyu, penerima bantuan diberikan pengetahuan dan ketrampilan teknis tentang manajerial seperti kewirausahaan manajemen produksi,keuangan,manajemen pemasaran,model usaha secara berkelompok.

"Pengetahuan keterampilan teknis berupa teori dan praktek sesuai usaha yang akan dlaksanakan sehingga pembekalan kewirausahaan adalah proses transfer pengetahuan, sikap, prilaku dan keterampilan teknis tentang kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan tenaga kerja  mandiri,"katanya.

Ia menambahkan, pembekalan ini juga sebagai motivasi wirausaha sukses,teori dan praktek produksi dan tentang cara mengelola keuangan bantuan serta cara memasarkan hasil produksi perlu diketahui peserta penerima bantuan wirausahaan.*