Wakil Walikota Gunungsitoli Apresiasi Kegiatan PKK

Wakil Walikota Gunungsitoli Apresiasi Kegiatan PKK
Wakil Walikota Gunungsitoli.
Sabtu, 11 Mei 2019 14:45 WIB
Penulis: Faogomano Harefa
GUNUNGSITOLI - Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa'a Laoli mengapresiasi Tim Pembina Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Gunungsitoli yang menyelenggarakan kegiatan agenda tahunan mulai dari Rapat Konsultasi Nasional dan Rapat Konsultasi Daerah.

Hal itu dikemukakan Wakil Walikota pada kegiatan Latihan Pengelola Program dan Penyuluhan (LP3PKK) bertema Peranan TP- PKK dalam pencegahan stunting melalui 10 program PKK, Kamis (10/5/2019) di Gunungsitoli.

Lebih lanjut dikatakan Wakil Walikota, Pemko Gunungsitoli senantiasa mendukung kegiatan PKK terlebih dalam upaya meningkatkan sumber daya dan kreativitas kader PKK dari seluruh kecamatan dan desa yang ada di Gunungsitoli.

Disebutkan, kegiatan PKK hakekatnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui peningkatan kesehatan, pendidikan, ekonomi serta aspek penting lainnya yang bersentuhan dengan desa dalam bentuk pemberdayaan desa dan kelurahan melalui program dan kegiatan penyuluhan.

"Program pelatihan dan kegiatan penyuluhan PKK merupakan bagian strategis dari kegiatan PKK sebagai sarana menempa sekaligus penyegaran ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan gerakan PKK serta memperbaharui informasi yang terus mengalami perubahan," papar Wakil Walikota.

Ads
Merujuk hasil Rapat Konsultasi Nasional PKK 2019, kata Wakil Walikota, diantaranya adalah bidang kesehatan berupa pencegahan dan penanggulangan sunting dan TBC, pengelolaan sampah plastik bidang lingkungan hidup serta pemanfaatan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat desa sebagai bagian dari kegiatan 10 Program PKK, kelembagaan PKK, administrasi PKK dan Pokja PKK.

Diharapkan Wakil Walikota agar materi yang disampaikan narasumber dapat diterima dengan baik dan pelatihan yang diikuti kader PKK se Kota Gunungsitoli yang terdiri dari 98 desa dan 3 kelurahan mampu meningkatkan kualitas layanan gerakan PKK sampai ke kelompok akar rumput yaitu Dasa Wisma sehingga dapat menjadi bahan kreativitas atau inovasi terkait pemberdayaan desa.

Turut hadir Sekda Kota Gunungsitoli, kepala perangkat daerah, Ketua TP-PKK, Wakil Ketua TP-PKK, Camat se Kota Gunungsitoli, Ketua Pokja PKK Desa dan anggota PKK.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Kota Gunungsitoli dalam sambutan mengatakan, gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Sementara Ketua Panitia dalam laporan mengatakan, kegiatan LP3PKK berlangsung selama 2 hari dalam bentuk Latihan Pengelola Program dan Penyuluhan PKK sebagai wadah pendidikan dasar bagi para kader untuk mengikuti berbagai perkembangan terkait perubahan di gerakan PKK sehingga visi dan misi gerakan PKK dapat terwujud dengan benar dan profesional. Adapun maksud dan tujuan, katanya, menindaklanjuti program TP PKK melalui PKK Kota Gunungsitoli dalam penguatan kapasitas para kader PKK, memenuhi tuntunan hubungan hirarki para kader di seluruh jenjang yang tak terputus dan tertata dengan kuat, menyosialisasikan program program pemerintah terkait pemberdayaan masyarakat melalui gerakan PKK bersama mitra kerja terkait.***
Editor : ZAM
Kategori : Gonews Group, Umum, Pemerintahan, Gunungsitoli
www www