JAKARTA - Chef de Mission Tim Piala Sudirman Indonesia, Achmad Budiharto, menyebutkan bahwa nomor tunggal putra adalah salah satu nomor andalan untuk merebut angka kemenangan. Tim tunggal putra mengirim tiga wakil ke Kejuaraan Bulutangkis Piala Sudirman 2019, mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito.

Tunggal putra menjadi nomor andalan bersama nomor ganda putra dan ganda campuran. Nomor ganda putri dikatakan Budiharto bisa dibilang nomor yang dijagokan untuk menyumbang angka. Tak diunggulkan, nomor tunggal putri diharapkan bisa membuat kejutan.

Prestasi Anthony, Jonatan dan Shesar pun belakangan mulai menanjak. Sempat menurun usai meraih gelar di turnamen China Open 2018 Super 1000, Anthony mencapai laga final di Singapore Open 2019 dan akhirnya dihentikan Kento Momota (Jepang). Namun Anthony beberapa kali tercatat mampu menundukkan Momota yang saat ini merupakan pemain tunggal putra terbaik dunia.

Jonatan pun menunjukkan grafik penampilan yang terus meningkat. Ia memulangkan dua juara dunia di ajang Malaysia Open 2019 Super 750 lalu. Di babak kedua, Jonatan mengalahkan Momota dengan permainan straight game, 22-20, 21-15. Di perempat final, Jonatan menaklukkan Viktor Axelsen (Denmark), juga dalam dua game langsung, 21-18, 21-19. Perjalanan Jonatan terhenti di semifinal setelah ia ditaklukkan Chen Long (Tiongkok), dengan skor 12-21, 21-10, 15-21.

Shesar membuat kejutan saat bertanding di babak pertama Badminton Asia Championships 2019 dengan mengalahkan Kidambi Srikanth, pemain tunggal putra terbaik India saat ini.

"Namanya pertandingan beregu, kan semuanya punya tanggung jawab di tim. Tapi tiap sektor pasti punya rasa mau melakukan yang terbaik dan kalau bisa menyumbang poin, begitu juga kami dari tunggal putra," kata Jonatan kepada Badmintonindonesia.org.

"Kami akan lebih maksimalkan lagi penampilan di Piala Sudirman," tambah Jonatan.

"Siapa pun yang diturunkan, baik saya, Anthony atau mas Vito (Shesar), kami pasti akan berjuang mati-matian untuk menyumbang poin bagi tim Indonesia," tambahnya.

Tim tunggal putra sudah mulai menjalani program persiapan menuju Piala Sudirman mulai hari Rabu (8/5), sepulangnya dari turnamen New Zealand Open 2019. Tim rencananya akan bertolak ke Nanning, Tiongkok, pada Rabu (15/5) mendatang. Piala Sudirman akan dimainkan pada 19-26 Mei 2019. ***