SERGAI-Sugguh sangat miris melihat Perkantoran Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) melalui Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sergai dalam pengurusan terkesan tebang pilih.

Pasalnya Sesuai aturan yang sudah mengikuti prosedur dalam pengurusan baik Kartu Tanda Penduduk (KTP)atau Kartu Keluarga (KK) maupun lainya terkesan banyak aturan, sehingga setiap kali adanya pengurusan yang melalui pihak orang lain baik itu keluarga maupun teman kerabat yang mengikuti sesuai prosedur melalui antrian setelah selesai tidak boleh diwakilkan. Namun anehnya, setiap kali ada pihak pengurusan baik itu KTP dan KK di Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sergai atau istilah memakai (Calo-red) dengan memakai nama rupiah, tanpa mengikuti sesuai prosedur selesai tanpa adanya peraturan sesuai diatas.

Hasil penelusuran Gosumut di Kantor Dukcapil Sergai, Selasa (7/5/2019) sekitar 1:45 WIB awak media mencoba mempertanyakan pengurusan perubahan nama salah satu kerabat, dimana sebelumnya awak media memasukan pengurusan yang ikut sesuai aturan dengan memakai kartu antrian, Setelah di pertanyakan awak media salah satu pekerja PKL dan mempertanyakan " Milik Siapa ni bang.

Dan dijawab awak media,". Milik kerabat saya. Namun salah satu pekerja sebagai langsungmempertanyakan kepada pengawai Dukcapil Sergai," Bang ini punya orang. Dan dijawab" Harus pemilik yang bersangkutan yang mengambil," ucap Awak media meniruhkan pegawai Dukcapil Sergai.

Namun setelah awak media mempertanyakan bahwa ini teman kerabat dan mengikuti sesuai aturan tanpa adanya memakai calo, pegawai Dukcapil dengan lantang menjawab," Tak bisa harus pemilik yang bersangkutan yang harus datang kemari,'" ujarnya.

Setelah hasil penelusuran awak media di Kantor Pemkab Sergai, salah satu yang enggan disebut namanya ke Gosumut mengatakan.", Gampang itu bang. Biasanya kami paling gampang apalagi pakai rupiah langsung ini kita kirim langsung siap. Walaupun itu milik orang lain," cap Sumber.

Lanjut sumber", Apalagi untuk pengurusan KTP paling mudah, kalau sudah merekam tinggal Wa namanya ke pegawai didalam sore langsung bisa diambil.Tapi ya gitulah harus kita kasih pekerja orang didalam."

Namun setelah awak media menanyakan nama-nama yang biasa cepat dalam pengurusan. " Iya itu rahasia bang, kuncinya siap "ungkapnya Sumber yang dirahasiakan namanya.

Menyikapi hal ini, awak media mencoba konfirmasi Kepala Dinas Dukcapil Sergai, Fitriadi melalui via seluler. Namun nomor ponsel sebanyak tiga nomor belum memberikan jawaban. Karena nomor selulernya lagi tidak aktif atau luar jangkauan.*