LABUHANBATU - Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe menegaskan, pengelolaan dan pembinaan kearsipan secara menyeluruh di semua jenjang pemerintahan sangat diperlukan. Hal ini disampaikan Andi dalam sambutan tertulisnya disampaikan Asisten III Sekretariat Daerah Labuhanbatu, H Amru Harahahap SE, pada pembukaan Pembinaan dan Penataan Kearsipan di Kabupaten Labuhanbatu, yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Kamis (2/5/2019) pagi di Rantauprapat.

Menurut Andi, pengelolaan dan pembinaan Kearsipan ini, sesuai amanah Undang-undang nomor 43 tahun 2009, tentang Kearsipan.

"Tujuan penyelenggaraan kearsipan, untuk menjamin terciptanya arsip. Tersedianya arsip yang otentik dan terpercaya. Serta terwujudnya pengelolaan yang andal," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Pembinaan Kearsipan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara, Herli Selbi Simanjuntak SE MSi, dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini diikuti 60 orang peserta. Berasal dari pengelola kearsipan di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah Labuhanbatu.

Sedangkan narasumber berasal dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Perpustakaan, Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu.

Sementara, pembukaan acara langsung dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan Sumatera Utara, Parlin Nainggolan SH bersama staf, Sekretaris Dinas Perpustakaan, Kearsipan Labuhanbatu, Zuhaira juga bersama staf.