SERGAI- Puluhan gabungan pekerja terdiri dari SP-BUN PT 4, K.SPSI, SPTI, Perbuni, SPPP, SBSI, SBSI92, SPTSI, OSPKKM, SPSI KarmiParho di Kabupaten Serdangbedagai, Provinsi Sumatera Utara meminta masalah Balai Latihan Kerja (BLK) harus ada di Kabupaten Serdangbedagai.

Hal ini disampaikan Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K.SPSI) Sergai, A. Hakim di sela -Sela acara Temu Aspirasi dengan serikat pekerja/serikat buruh dalam rangka May Day tahun 2019 bertempat di pantai Pondok Permai, Kecamatan pantai cermin. Rabu(1/5/2019).

"Jadi untuk para pekerja supaya buruh ini memang betul-betul punya frofesi punya keahlian. Jadi itu harapan kami kepada Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai. Supaya dapat memberikan atau menempatkan tahun ini kalau bisa seperti Balai Latihan Kerja (BLK )itu berdirinya ditahun ini," ucap A. Hakim kepada Gosumut Usai acara Temu Aspirasi dengan SP/SB.

"Outsourcing kalau bisa dihapuskan, kemudian PP 78 tahun 2015 paling tidak bisa direvisi tentang PP 78 Tenagakerjaan ini,"Kata A Hakim.

Sedangkan untuk masalah gaji dan masalah upah pada saat sekarang ini sudah bagus. "Sudah ada Upah minimum sektoral kabupaten/kota (USMK) yang selama tidak ada UMSK untuk sektor perkebunan pada tahun ini sudah lahir, USMK sudah ada dan saat ini sudah dapat diterima para buruh dan tidak ada merasa kecewa dengan UMSK, dan buruh juga sudah melakukan ukuran," Pungkas Ketua K.SPSI Sergai A. Hakim Rangkuti.

Sementara itu, Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai mengucapkan selamat hari buruh internasional atau May Day. "Kesempatan kali ini merupakan momentum untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya komitmen untuk membangun kembali hubungan industrial yang bermartabat dan memupuk hubungan dunia ketenaga kerjaan yang harmonis antara pekerja, pengusaha serta pemerintah. Peringatan May Day tahun ini, juga kita jadikan wadah untuk mengurai permasalahan problematika ketenagakerjaan yang kita hadapi selama ini, sehingga akan tercapai win-win Solution dan keharmonisan dunia usaha," ucap Bupati Soekirman.

"Melalui peringatan hari buruh internasional ini, saya berharap dapat dijadikan sebagai tonggak peningkatan ketrampilan, kompetensi, wawasan dan pengetahuan, dengan demikian kita mampu untuk beradaptasi serta bersaing dalam percaturan global di bidang ketenagakerjaan."

Dalam rangka May Day tahun 2019 di Sergai turut hadir Kapolres Sergai, AKBP. H. Juliarman Eka Putra Pasaribu, Wakapolres Sergai, Kompol Henni Sibarani, Danramil, para kepala OPD, para pengurus serikat pekerja/serikat buruh se Serdang Bedagai.*