TOBASA-Suksesnya pemutaran film indonesia Keluarga Cemara di Kab.Tobasa Sabtu dan Minggu (27/28 April 2019) yang dilaksanakan di dua Kecamatan diapresiasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir.

Respon positif ini disampaikan oleh Drs Tumpal Panjaitan Kabid Diknas dan Sarpras mewakili Kadis Pendidikan Kabupaten Toba Samosir. kegiatan ini adalah sebuah kegiatan positif bagi warga Tobasa dalam rangka menyambut Hardiknas 2 Mei 2019, mengingat perjuangan dan jasa bapak Pendidikan Nasional Kihajar Dewantara.

Dijelaskananya, salah satu misi Dinas Pendidikan Kab.Tobasa adalah Menguatkan Pendidikan dan Kebudayaan di Kab.Tobasa untuk membina dan mengajari para  warga. "Setelah menonton film ini kita berharap para warga khususnya para generasi muda lebih memahami dan menghargai budaya sendiri khususnya Seni dan budaya Nusantara yang beraneka ragam tetapi tetap satu juga dalam semboyan Negara kita NKRI Bhineka Tunggal Ika,"imbuhnya.

Dengan diputarnya film Indonesia Keluarga Cemara ini seluruh warga yang telah menontonnya khususnya warga Kec.Siantar Narumonda  bisa mengambil pelajaran dan hikmahnya dari alur cerita film ini untuk  kehihudpan sosial bermasyarakat khususnya dalam kehidupan lingkungan keluarga.

Tumpal menyampaikan, Pemkab Tobasa melalui  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berharap kedepan bisa memberikan bantuan mobil keliling pemutar film (Bioskop Keliling) supaya bisa memutar film hingga ke desa desa di Kab.Tobasa khususnya memutar film film Nasional.

Dengan mobil bioskop keliling ini menjadi salah satu sarana pemenuhan hiburan rakyat khususnya di perdesaan karena Kab.Tobasa masih minim panggung hiburan rakyat khususnya Bioskop.

Kabid Apresiasi dan Tenaga Perfileman dan Pusbang Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI M.Sanggupri Bochari menyikapi permintaan yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan Kab.Tobasa menyampaikan, kedepannya pihak Pemkab Tobasa melalui Dinas Pendidikan bisa mengajukan proposal bantuan untuk mendapatkan mobil keliling pemutar Film (Bioskop Keliling) sebagaai salah satu sarana media hiburan bagi warga masyarakat Kab.Tobasa,termasuk untuk pengajuan proposal lainnya tentang Perfileman.

Dalam kesempatan tersebut Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan,SH menyampaikan, dengan pemutaran film ini di Kecamatan Siantar Narumonda akan menjadi sebuah pembelajaran bagi masyarakat khususnya para generasi muda.

Diketahui pemutaran Film Indonsia Keluarga Cemara oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Perfiliman di tetapkan hanya di 2 Kecamatan di Kabupaten Toba Samosir (Kecamatan Silaen dan Kecamatan Siantar Narumonda).

Hadir dalam Acara pemutaran Film Indonesia Keluarga Cemara mewakili Kadis Diknas Kab,Tobasa Tumpal Panjaitan, Kabid Diknas dan Sarpras, Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan, Ketua Bawaslu Tobasa Juniat Sitorus, Kepala Desa Narumonda V Drs.Fernando Marpaung, Kades Sitorang Gosen Panjaitan, Ka.UPT Diknas Kecamatan Siantar Narumonda Drs.Poltak Barita Uli Sitanggang, Para Kepala Sekolah SD, SMP se Kec.Siantar Narumonda,Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat serta Tokoh Agama seKec.Siantar Narumonda.*