MEDAN-Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) sosialisasikan kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Auditorium universitas Jalan Kapten Muktar Basri Medan, Senin (29/4/2019).

"Diharapkan mahasiswa ini bisa mendorong masyarakat lainnya agar mau menggunakan kartu GPN ini," kata Direktur Kantor Perwakilan BI Sumut, Andiwiana S.

Andi mengatakan kepada pihaknya memilih mahasiswa sebab demografi penduduk Indonesia kebanyakan adalah anak muda.

"Kita berharap jika penetrasi dari anak-anak muda terhadap GPN ini bisa meningkat, akan membawa keseluruhan masyarakat Indonesia untuk lebih familiar dengan GPN.

Ia menyebutkan, hingga saat ini ada sebanyak 1,5 juta kartu GPN yang beredar di Sumut. Angka tersebut merupakan kabar yang cukup menggembirakan karena menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat terhadap kartu GPN cukup tinggi.

"Tahun ini kita inginnya pencapaian penggunaan kartu GPN bisa mendekati 100 persen. Tapi jika tahun ini bisa mencapai 60 persen saja, itu sudah sangat baik. Kita juga tidak hanya mensosialisasikan ini ke UMSU saja, tetapi juga ke beberapa universitas di Medan," terangnya.

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP mengatakan, BI memang melakukan kerja sama dengan UMSU untuk mensosialisasikan kartu GPN. Hal tersebut menurutnya sangat tepat, karena generasi milenial itu berada di kampus.

"Saat ini jumlah mahasiswa UMSU ada sekitar 21 ribuan mahasiswa. Jika mereka bisa mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar maka target BI secara nasional dapat tercipta. Ini juga menjadi cambuk bagi mahasiswa agar yang menukarkan kartunya menjadi kartu GPN menjadi lebih banyak lagi," pungkasnya.

Ia menambahkan bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan sosialisasi itu. Ia berharap sosialisasi tersebut dapat disosialisasikan ke seluruh universitas yang ada di Sumut.*