Alamak! Terungkap di Pleno Rekapitulasi Suara KPU Tanjungbalai,Data Pemilih Salah Input

Alamak! Terungkap di Pleno Rekapitulasi Suara KPU Tanjungbalai,Data Pemilih Salah Input
Ketua KPU Luhut Parlinggoman,Komisioner Bawaslu Musliadi  bersama saksi paslon 01 dan 02 mensinkronkan data.
Senin, 29 April 2019 19:02 WIB
Penulis: Arsyad
TANJUNGBALAI-Data pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019  untuk Kelurahan Pasar Bar dan Muara Sentosa,Kecamatan Sungai Tualang Raso salah input.

Hal itu terungkap dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi pergitungan suara KPU Tanjungbalai di Ayola Singgie Hotel,Jalan Cokro Aminoto,Senin (29/4/2019).

Pantauan Gosumut pleno rekapitulasi suara yang dipimpin Ketua KPU Luhut Parlinggoman Siahaan semula berlangsung tenang  dan aman.Namun,seusai PPK Sungai Tualang Raso memaparkan formulir DAA1,muncul sanggahan dari saksi Capres/Cawapres nomor urut 02 HM.Tahan Sitorus yang membuka data blak-blakan adanya kesalahan input data pemilih di Kelurahan Pasar Baru dan Muara Sentosa serta pemilih disabilitas yang jumlahnya berbeda mulai pemilih Capres/Cawapres,DPD,DPR RI,DPRD Provinsi serta DPRD Kota.

Persoalan salah input data tersebut sempat membuat suasa pleno KPU Tanjungbalai sedikit memanas. Bahkan Tahan Sitorus menegaskan terjadinya kesalahan data pemilih tersebut sungguh mengherankan.
Ads

"Apa kemungkinan ada siluman,dan bila perlu kita buka kaleng atau kotak suara,"tegasnya.

Komisioner Bawaslu Tanjungbalai Musluadi mengakui,DPT dan DPK setiap tingkatan berbeda dan memang ada salah input data. "Kami minta disinkronkan terlebih dahulu,"pintanya.

Komisioner KPU Divisi Teknis Muhammad Guntur juga mengakui adanya kesalahan input data pemilih."Ya memang ada salah input di Kelurahan Pasar Baru contohnya,pemilih laki-laki sebenarnya 3055,namun tertulis 3209," terangnya.*
wwwwww