MEDAN - Tiga Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Gubsu) menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) 2019 Tingkat Provinsi Sumut yang dirangkai Jalan Sehat Berhadiah, Resepsi HPN 2019 tingkat Sumut, Peresmian Renovasi Gedung Baru PWI Sumut dan Peresmian Pelatda Tim Porwanas PWI Sumut menuju Papua 2020 dipusatkan di Gedung PWI Sumut Jalan Adinegoro No.4 Medan, Minggu (28/4/2019).

Tiga Gubernur yang hadir masing-masing Letjen TNI (Purn) H Edy Rahmayadi periode 2018-2023 serta Dr. Ir. HT Erry Nuradi MSi (2013-2018) dan Datuk Sri Lelawangsa H Syamsul Arifin SE (2008-2013). Juga hadir Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari bersama sejumlah unsur pengurus diantaranya HM Yazid, Asro Kamal Rokan, Teguh Santosa dan Kamsul Hasan, Rektor UMSU Dr. H. Agussani MAP, Kadis Kominfo Provsu HM Fitriyus, Kadispora Sumut H. Baharuddin, sejumlah pimpinan mitra PWI Sumut diantaranya Asian Agri Group, PT Bank Sumut, PT Inalum, PTPN-4, KONI Sumut, Agincourt Tambang Emas Martabe, PT Indako, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Danone Aqua, Aroma Group, Acai Jaya, para pimpinan media massa, unsur Pengurus PWI Sumut, Ketua dan Pengurus PWI Kabupaten/Kota se Sumut, serta undangan lainnya.

Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutan mengajak segenap unsur pers untuk ikut proaktif membangun Sumatera Utara yang bermartabat. "Tanpa pers Sumut tak akan maju. Karena itu peran pers sangat strategis dalam membangun bangsa dan negara. Apalagi kehadiran PWI hanya beberapa bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. Sebagai pers pejuang tentunya juga harus bahu-membahu bersama pemerintah membangun Sumatera Utara yang bermartabat," harap Gubsu.

Terkait HPN 2020 yang akan dipusatkan di Sumatera Utara sebagai tuan rumah yang dihadiri ribuan undangan dari 34 provinsi se Indonesia, Gubsu mengajak komunitas pers untuk mendorong kondisi Sumut yang bisa membanggakan. "Jangan sampai Kota Medan berimej buruk karena sampah berserakan dimana-mana. Mari kita benahi Kota Medan yang bersih agar bisa membanggakan," ajak Gubsu.

Sementara Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menjelaskan, sangat banyak keuntungan yang diperoleh Sumatera Utara setelah ditetapkan nanti menjadi tuan rumah HPN 2020. Hampir dipastikan seluruh Hotel di Kota Medan akan penuh. Kemarin Surabaya Jawa Timur sebagai tuan rumah HPN sudah merasakan penuhnya hunian hotel, sampai-sampai Presiden RI pun menginap di hotel yang kecil.

"Begitu juga alokasi proyek-proyek nasional biasanya menyertai pelaksanaan HPN. Jadi tidak ada ruginya kalau daerah bersedia menjadi tuan rumah HPN," kata Depari yang berasal dari Desa Siberaya Kabupaten Karo Sumatera Utara.

Sebelumnya Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung program PWI Sumut terutama dalam upaya meningkatkan profesionalitas wartawan melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan termasuk mendukung pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Atas dukungan itu PWI Sumut memberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah mendukung pelaksanaan UKW.***