Home >  Berita >  Peristiwa

Kiat DKTB Gairahkan Denyut Nadi Kehidupan Seni Budaya Kota Kerang

Kiat DKTB Gairahkan Denyut Nadi Kehidupan Seni Budaya Kota Kerang
Ketua DKTB Khuwailid Mingka yang akrab disapa Awang.
Minggu, 28 April 2019 19:30 WIB
Penulis: Arsyad
TANJUNGBALAI-Ibarat kata pepatah "Dimana ada kemauan,disitu ada jalan".Ini mungkn salah satu kiat Dewan Kesenian Kota Tanjungbalai (DKTB) menggairahkan kembali kehidupan seni budaya Kota Kerang yang nyaris pudar tergerus era globalisasi saat ini.

Diketahui, Tanjungbalai yang terletak dikawasan pantai timur Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu kota tertua dan tahun 2019 ini akan memasuki usianya yang ke 399 tahun.Tentunya,dibalik usia tuanya itu,Tanjungbalai tidak saja dikenal memiliki banyak sejarah,namun juga mempunyai seni budaya tradisional  yang cukup banyak dan juga memiliki seniman yang tidak kalah hebatnya dengan senimandibumi Nusantara ini maupun di mancanegara.

Hanya saja, sebagian seni budaya dan seniman yang ada nyaris hilang dikarenakan ketiadaan rumah untuk berteduh berkreasi sesuai dengan bidang seni yang digeluti.

Kini,keberadaan DKTB dibawah pimpinan tokoh muda Khuwailid Mingka yang akrab disapa bung Awang,berbagai seni budaya Tanjungbalai mulai digali kembali.Sejalan dengan itupula,para seniman dari berbagai bidang seni di Tanjungbalai mulai menampakkan dirinya satu persatu,baik seniman tua,paruh baya maupun para milenial.
Ads

Berdasarkan pantauan, setiap harinya baik siang maupun malam, para seniman berkumpul, berbagi cerita dan ide untuk membangkitkan kembali gairah seni budaya Tanjungbalai. Tak kalah pentingnya,kaum milenial juga ikut belajar dan berlatih seni bermain alat musik,puisi,teater dan lainnya dibawah bimbingan insrumtur seniman senior yang tergabung dibawah payung DKTB.

Meski gedung yang ditempati saat ini hanya bersifat pinjam dari Pemko Tanjungbalai,akan tetapi keadaan itu tidak membuat semangat Ketua DKTB Awang bersama para seniman kendor.

"Tugas utama DKTB adalah menyediakan diri untuk memantau setiap denyut nadi kehidupan seni-budaya, memberikan amatan, analisis, dan simpulan, masukan, pembinaan, dan mengajak para seniman untuk memikirkan berbagai hal dalam konteks kesenian dan kebudayaan,"kata Ketua DKTB Awang, Minggu (28/4/2019).

"Secara perlahan-lahan dalam suasana keterbatasan yang dimiliki,DKTB akan terus menggali berbagai potensi seni budaya Tanjungbalai serta bertekad membangkitkan semangat para seniman untuk kembali berkreasi sesuai bidang seni yang digelutinya,"ucapnya.*
www www