LANGKAT - Nur Hayati. Begitulah nama lengkap salah satu Kader JKN di Kabupaten Langkat ini. Sudah dua tahun terakhir ini dia menjadi seorang Kader JKN dan banyak suka duka yang dia alami sejak menjadi Kader JKN. Tim Jamkesnews berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Nur Hayati sebagai Kader JKN, seperti hari-hari yang lain dia melakukan sosialisasi Program JKN kepada masyarakat. Kali ini giliran Desa Jaring Halus di Kecamatan Secanggang yang dikunjungi oleh Nurhayati, Rabu (24/4/2019).

Sejak pagi Nurhayati sudah menyiapkan sarapan untuk suami dan anaknya tapi pagi itu Nur Hayati harus segera bergegas ke Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Langkat untuk bersama-sama berangkat ke Desa Jaring Halus mengingat lamanya perjalanan yang akan ditempuh nantinya.

Desa Jaring Halus sendiri terletak di Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. Akses menuju ke Desa tersebut harus melalui jalur darat jika dari ibu Kota Kabupaten langkat, Stabat setelah itu lanjut ke Pelabuhan Batang Buluh, dan harus menunggu perahu mesing untuk menuju ke Desa Jaring Halus, karena Desa Jaring Halus berada di pinggir laut lepas.

“saya berangkat pagi karena harus mengejar boat untuk ke Desa Jaring Halus, tidak setiap jam boat nya ada, kami dari Stabat lewat darat ke Pelabuhan Batang Buluh kurang lebih dua setengah jam, setelah itu menunggu boat lagi. Perjalanan dengan boat kurang lebih satu jam, setelah sampai di Desa Jaring Halus kami harus berjalan kaki lagi kurang lebih 15 menit,” ucap Nur Hayati kepada tim jamkesnews.

“Semua lelah saya saat perjalanan terbayar. Saya disambut warga yang sudah menunggu di Kantor Desa Jaring Halus. Saya senang warga antusias untuk ikut sosialisasi Program JKN ini,” tambah Nur Hayati.

Adapun yang hadir dalam sosialisasi tersebut salah satunya adalah Kepala Desa Jaring Halus, Muktamar Laia. Muktamar mengaku senang kedatangan Nur Hayati untuk mensosialisasikan Program JKN, karena warga desanya juga berhak tau Program JKN ini walaupun mereka berada jauh dari pusat kota.