PALAS-Kementerian Pertanian RI Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan melalui Balai Veteriner Medan  menggelar program bantuan  Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja ) di Kabupaten Palas Tahun 2019 di aula Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Padang Lawas (Palas) ,Rabu (24/4/2019).

Wakil Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi dalam sambutanya mengatakan, Kabupaten Palas dikenal sebagai lumbung ternak di provinsi Sumut.

"Masyarakat Palas saat ini berkeinginan untuk mengembangkan sektor peternakan dilahan perkebunan sawit dan karet secara integrasi .Salah satunya dengan cara program bedah kemiskinan rakayat sejahtera (Bekerja) yang akan dilaksanajan di Kabupaten Palas,"kata Wahup.

  Kata Wabup, sektor peternakan di kabupaten Palas memiliki peran strategis dalam penyedian bahan makanan dan pemberdayaan masyarakat."Program ini juga berperan sebagai penghasilan bahan pangan berupa daging sektor peternakan juga senagai alternatif  sumber lapangan kerja yang cukup membantu masyarakat pedesaan,"ujarnya.

Sementara Kadis Perikanan dan Peternakan Palas Ir A Bakari  menjelaskan, data populasi ternak tahun 2018 di Kabupaten Palas yaitu Sapi potong 9348 ekor, Kerbau 9,171 ekor , Kambing 14.128 ekor, Domba ,7282 ekor, Babi 168 ekor, Ayam Buras atau ayam kampung 138.131 ekor ,ayam ras pedaging 1200 ekor dan Itik 14.112 ekor.

Dijelas Bakari, luas areal padang pengembalaan 1.940 Ha. Permasalahan ternak pada saat ini katanya kurangnya tingkat pengetahuan dan sikap petani peternak dalam berusaha tani ternak secara intensif.

"Pola usaha tani ternak yang dilaksanakan di lapangan masih bersifat tradisional. Semakin luasnya lahan usaha dibidang perkebunan yang berakibat luas lahan pengembangan semakin sempit , luas wilayah kerja dan sulitnya medan  yang ditempuh serta kurangnya sarana dan prasarana pendukung serta sering muncul penyakit ndtetelo pada ayam buras," ungkap Bakari.

Dikesempatan itu Kepala Balai Veteriner Medan Drh H Agustia MP dalam pemaparannnya menjelaskan terdapat 5 kecamatan di wilayah Kabupaten Palas yang menerima bantuan program bedah kemiskinan rakyat sejahtera (Bekerja) yaitu Kecamatan Barumun Selatan sebanyak 11 desa, Kecamatan Barumun Tengah sebanyak 39 desa, Kecamatam Huristak sebanyak 27 desa, Kecamatan Hutaraja Tinggi sebanyak 31 desa, Kecamatan Lubuk Barumun 23 desa.

"Sebelum disalurkan, bantuan ternak ayam terhadap RTMP penerima bantuan terlebih dulu dilakukan verifikasi RTMP," kata Agustia didampingi Drh Marwan, Drh Sangkot Sayuti Nasution.

Agustia menambahkan, program Bekerja ini sebagai sarannya adalah RTMP sehingga per RTMP menerima bantuan ternak ayam sebanyak 50 ekor atau secara nilai nominal."Kalau diuangkan sebesar Rp 2 juta lebih," terangnya dihadapan yang hadir.

  Tampak hadir dikegiatan itu ,Pimpinan Cabang BRI Sibuhuan, Para Camat yang mendapatkan alokasi bantuan program, Perwira Penghubung Kodim 0212/TS Mayor Inf.S Pasaribu, Perwira Polres Persiapan Palas Kompol Kuto Hasibuan ,Kadis Sosial Bustami Harahap serta sejumlah pimpinan OPD lainnya.*