TANJUNGBALAI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Polres Tanjungbalai melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi anggota PPS, PPK dan personel Polri yang  bertugas melakukan perhitungan suara  Pemilu 2019 Selasa (23/4/2019).

Ketua KPU  Tanjungbalai Luhut Parlinggoman Siahaan,  mengatakan, saat ini tercatat sebanyak 30 orang PPK dan 93 orang PPS secara serentak sedang melakukan rekapitulasi penghitungan suara di enam kecamatan se -Tanjungbalai.

Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, pihaknya bekerja sama dengan dokter kesehatan dari Polres Tanjungbalai dan dinas Kesehatan  melakukan pemeriksaan kesehatan petugas PPK dan PPS serta anggota Polri.

"Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terburuk terhadap anggota PPS dan PPK seperti yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia baru-baru ini,"katanya.

Luhut juga menyampaikan ucapan turut berduka cita yang mendalam  kepada keluarga KPPS dan PPK yang sakit hingga meninggal dunia yang terjadi di sejumlah daerah." Mereka yang meninggal dalam kerja-kerja kerelawanan menyukseskan Pemilu secara sempurna, profesional dan tanpa celah dengan kompensasi ala kadarnya, patut dihargai oleh semua pihak. Diketahui tugas anggota KPPS, PPS dan PPK tidak mudah karena dituntut berkonsentrasi dalam penyelenggaraan pemilu. Mereka yang meninggal dunia adalah pahlawan demokrasi yang wajib kita hormati,"ujarnya.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai menyatakan, pihaknya telah menerjunkan tim kesehatan untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan baik kepada anggota polri (PAM), Linmas, PPS dan PPK,dan  dimulai dari pemeriksaan PPK Tanjungbalai Utara serta Teluk Nibung dan akan dilanjutkan ke empat PPK lainnya di wilayah Tanjungbalai.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah dan lainnya, seluruh personil dalam keadaan sehat negatif ada keluhan. Sedangkan untuk  pencegahahan, selanjutnya diberikan Vitamin C dan Vitamin INBOS,"terangnya.

Kapolres Irfan Rifai mengimbau kepada semua pihak agar mendukung pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara demi suksesnya Pemilu Pilpres dan Pileg 2019 di Indoensia, khususnya di Tanjungbalai.*