PALAS- Di hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/Tsanawiyah dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tingkat SD di Kabupaten Padang Lawas (Palas) berjalan  lancar dan tertib, Senin(22/4/2019).

Sekda Palas Arpan Nasution didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas.  Drs.Abduk Rahim Hasibuan ketika meninjau pelaksanaan UNBK dan USBN di SMP 1 Sibuhuan mengatakan,  hari pertama pelaksanaan UNBK tingkat SMP/Tsanawiyah dan USBN tingkat SD berjalan lancar dan tidak ada kendala.

"Hasil pantuan disejumlah sekolah SMP dan SD pelaksanaan  UNBK dan USBN berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala baik itu listrik maupun jaringan telkom, internet," kata Sekda.

Sebelum pelaksanaan ujian,kata Sekda,pihak Disdikbud telah berkoordinasi dengan pihak PLN dan Telkom agar menjaga stabilisasi kebutuhan listtik yang menjadi kebutuhan pelaksanaan UNBK dan USBN.

  Dalam peninjauan ujian ini Sekda di dampingi Kadis Dikbud Drs Abdul Rahim dan sejumlah Kabid dan Kasi Dikbud Palas.

Pada kesempatan tersebut Kadis mengharapkan, pelaksanaan UNBK yang berlangsung 3 hari  pelaksanaan ujian ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun yang dapat mengganggu jalan pelaksanaan ujian.

Untuk pelaksaan UNBK di Kabupaten Palas  peserta yang hadir secara keseluruhan 100 persen.

Kata Kadis, peserta UNBK di Palas untuk tingkat SMP dan Tsanawiyah  tahun ini sebanyak 5077 siswa berasal dari SMP sebanyak 2114 dan MTsN sebanyak 2963 siswa, dengan jumlah sekolah penyelenggara 74  sekolah.

Sedangkan jumlah peserta USBN tingkat SD sebanyak 6241 siswa terdiri dari SD sebanyak 5847 siswa dan MI sebanyak 394 siswa  dengan jumlah sekolah penyelenggara sebanyak 192  sekolah.