MEDAN-Memperingati Hari Kartini, Grab dan TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut)  memberikan penghargaan kepada para Kartini Grab di Sumut yakni yang merupakan driver perempuan Grab. Apresiasi ini diberikan sebagai bentuk penghargaan tertinggi atas ketulusannya dalam perjuangan di tengah kerasnya jalanan kota dan diberikan langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumut, Nawal Lubis.

“Hari ini kita merayakan Hari Kartini bersama Grab dimana sebelumnya kita lakukan konvoi terlebih dahulu. Saya naik grab tersebut. Nyaman ya. Kemudian kita ada memberikan bantuan ke panti asuhan ke Jam'iyatul Al Washliyah,” kata Nawal usai memberikan penghargaan kepada Kartini Grab.

Dalam memperingati Hari Kartini ada rasa sedih yang Ia rasakan. Sebab perempuan saat ini mencari sesuap nasi bekerja penuh seharian sehingga tidak punya waktu. “Tapi ada rasa bangga juga sehingga kita perlu mengapresiasi mereka. Bahwa mereka bisa jadi tulang punggung keluarga bisa mencari rezeki dengan jalan yang halal. Tapi saya sedih juga kalau mereka mencari makan sampai jam 2 malam tapi itulah wanita Indonesia kartini-kartini Indonesia yang begitu kuat dan harus mampu menjaga harga dirinya,” terangnya.

Istri Gubernur Sumut ini menuturkan akan ada lanjutan kerjasama lainnya bersama Grab terkait informasi mengenai stunting serta pencegahan kematian ibu hamil dan melahirkan. “Sebab angka mengenai kasus ini masih tinggi terutama di Langkat, Nias Utara, Nias Selatan, Padang Lawas itu ada beberapa tempat. Jadi, tidak akan henti-hentinya kita berusaha untuk mengatasi ini. Terutama harus dilakukan kerjasama dalam memberantas ini,” tuturnya.

General Manager & Public Affair Grab Indonesia, Raden Guruh Gunawan Ismaela mengatakan penghargaan ini merupakan gagasan dilakukan oleh grab Cabang Medan bersama TP PKK Sumut. “Ada sekitar 4-5% driver perempuan Grab kita dari 10.000 jumlah driver kita se-Sumut. Jadi, hari ini kta bicara mengenai representasi tentang perempuan di era digitalisasi dan tercetuslah di momen yang pas di Hari Kartini ini,” ucapnya.

Lanjutnya, driver perempuan yang turut serta hari ini diberikan apresiasi, terutama untuk mitra-mitra terbaik yang memberikan pelayanan terbaik bagi penumpangnya dan juga yang mengikuti kode etik yang diberikan perusahaan dalam kesehariannya.

“Jadi apresiasi ini dalam bentuk pemberian jaket, helm dan beberapa gimmick yang diberikan oleh manajemen perusahaan. Nah, kebetulan ibu Nawal Lubis juga menggagas kita untuk membesarkan dampak dari stunting ini bila tidak dicegah dalam membantu pendistribusian melalui digitalisasi kita. Yakni penyampaian informasi berbentuk digitalisasi informasi teknologi dan ini akan kita bahas lagi kedepannya,” pungkasnya.*