SERGAI-Naas dialami Rudi Hartono Purba (20) warga Desa Seipirok, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Serdangbedagai. Siang bolong ia nekat mencoba melakukan tindak pidana pencurian sepeda motor saat terpakir.

Aksinya gagal saat sepeda motor jenis Yamaha Jupiter nomor polisi BK3302 AZ tiba -tiba mati sehingga pemilik kendaraan Ami Suriadi (28 )warga Dusun Bhakti, Desa Seibuluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai langsung berteriak maling sehingga pelaku langsung kabur.

Setelah jarak kurang lebih 50 meter pelaku langsung diterkam Personil Satlantas Polres Sergai yang saat itu berada yang tidak jauh dari lokasi kejadian yang dibantu masyarakat sekitar Sabtu (20/4/2019) sekitar pukul 15:30 WIB Sore. Tepatnya di Jalinsum Medan- Tebing tinggi Dusun Bhakti Desa Seibuluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai.

Informasi yang diperoleh Gosumut, awalnya sepeda motor Yamaha Jupiter Z milik Ami Suriadi saat terpakir dipinggir jalan, tepatnya disamping gudang rongsokan (Butot). Saat itu dirinya bekerja ditempat gudang rongsokan dan mendengar suara sepeda motor miliknya menyalah kemudian dirinya melihat kedepan dan melihat pelaku sedang memutar sepeda motor miliknya yang tidak bisa dihidupkan.

"Namun karena sepeda motor mati dan pelaku melihat saya sepeda motor langsung dibuangnya dan lari arah ke Medan. Saya langsung berteriak maling' maling." Kata Ami kepada Gosumut di Mapolsek Teluk Mengkudu.

"Syukur ada pak polisi satlantas Polres Sergai dan dibantu masyarakat yang tidak jauh dari lokasi kejadian sehingga pelaku berhasil diamankan," ucapnya.

Hal serupa dikatakan Eko (46) warga Firdaus. Ia mengatakan saat itu dirinya sedang duduk dibengkel milik Sopian Lubis (44) warga Seibuluh dengan jarak 50 meter dari lokasi kejadian.

"Saat itu saya dengar suara korban berteriak maling yang dibantu warga sekitar. Melihat suara teriakan tersebut secara spontan saya melihat pelaku lari arah ke Medan, kemudian saya langsung mengejar bersama anggota Personil Satlantas Polres Sergai dan langsung kami hadang. Kita sempat hadang pelaku namun pelaku cukup kuat tenaganya. Namun tanpa sengaja pelaku langsung di terkam oleh anggota Personil Satlantas Polres Sergai di rumah warga yang tak jauh dilokasi jalan jalinsum dan pelaku hinggga tidak berkutik," Ucap Eko yang didamping M. Sopian Lubis saat dimintai keterangan di Mapolsek Teluk Mengkudu.

"Saya bangga melihat anggota Personil satlantas dirinya tidak perduli saat barang berupa HT miliknya berserakan dijalan demi menangkap pelaku tersebut. Kemudian pelaku langsung kami bawa didampingi anggota personil satlantas polres Sergai ke Mapolsek Teluk Mengkudu guna menghindari amukan warga,"imbuhnya.

"Namun setelah pelaku kami tangkap, pelaku mengaku kalau dirinya dari Medan menuju ke Tebing Tinggi dengan berjalan kaki. Dan bercerita kalau dirinya tiga hari belum makan, "Kilah pelaku ditiruhkan saksi Eko.

Anggota Personil Satlantas Polres Sergai yang berpangkat Bripda Rendi Andiansyah, mengatakan Saat itu ia sedang singgah di bengkel Honda milik warga Seibuluh untuk melakukan servis Honda miliknya.

"Saat itu terdengar banyak teriakan warga Maling kreta. Kemudian saya melihat dibadan jalan umum ternyata pelaku didepan saya dan saya dibantu warga menghadang pelaku namun pelaku terus mencoba melarikan diri sehingga saling kejar -kejaran. Kurang lebih 15 meter pelaku berhasil kita amankan dengan cara diterkam,"pungkas Personil Satlantas Polres Sergai berpangkat Bripda Rendi Andiansyah.*