BELAWAN-Kapolsek Medan Labuhan, Kompol Rosyid Hartanto SIK meresmikan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Rusunawa Tanjung Mulia, Medan Deli.

Hal itu dilakukan orang nomor satu di Mapolsek Medan Labuhan guna mewujudkan kondusifitas serta keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di masyarakat khusunya di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli.

“Posko tersebut didirikan sebagai wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat, pemecahan masalah sosial yang sifatnya bisa diselesaikan  secara kekeluargaan dengan menggunakan kearifan lokal. Sehingga kasus-kasus yang sifatnya ringan tidak semuanya harus masuk ke ranah hukum,” ujar Kapolsek Medan Labuhan, Kompol Rosyid Hartanto SIK dalam keterangan tertulisnya yang diterima GoSumut, Selasa (16/4/2019).

Dijelaskannya, kehadiran FKPM sebagaì mitra kepolisian sangat mendukung kamtibmas.

Pasalnya, dalam menjalankan tugas polisi tidak bisa sendiri tanpa dukungan dan kerjasama dari berbagai lapisan masyarakat.

“Untuk itu, masyarakat diimbau untuk jadi polisi bagi dirinya sendiri, untuk selalu waspada terhadap sesuatu yang bisa menimbulkan tindak pidana kejahatan,” jelas Alumnus Akpol Tahun 2004 ini.

Sementara itu, Kepala UPT Rusunawa, Sulung Harahap menyampaikan terima kasih kepada Polsek Medan Labuhan atas diresmikan posko FKPM tersebut.

“Ucapan terimakasih kepada bapak Kapolsek Medan Labuhan yang telah meresmikan posko yang merupakan salah satu upaya peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Rusunawa,” imbuhnya.

Dari itu, kata Sulung, perlu peran serta masyarakat dalam memberikan pengamanan dalam suatu wilayah membantu aparat Kepolisian.

“Kehadiran posko tersebut diharapkan bisa menjadi motivasi untuk menciptakan rasa aman pada masyarakat. Oleh karenanya, warga diharapkan dapat menciptakan kondisi aman tentram di wilayah masing-masing,” tandasnya.*