PALAS-Diakhir penutupan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 48 tahun 2019, Pemkab Padang Lawas (Palas) meraih juara pertama Paviluan Patisipatif.

Piala dan Plakat penghargaan juara pertama paviliun partisifatif yang diraih Pemkab Palas secara resmi diserahkan Sekda Provinsi Sumut.Hj R. Sabrina yang diterima Wakil Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu disaksikan Ketua Yayasan PRSU Nuzirwan Lubis pada acara penutupan PRSU ke 48, Jumat (8/4/2019)l di Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Medan.

  Kadis Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan  Kabupaten Palas Eddy Mirson Hasibuan, Jumat(12/3/2019) di Sibuhuan mengatakan, dengan meraih predikat juara pertama paviliun partispatif menjadi keberhasilan daerah untuk terus meningkatkan inovasi produk lokal.

"Pemkab Palas akan mengembangkan potensi UMKM dengan berbagai produk unggulan masyarakat dibawah binaan Dekranasda dan Dinas Koperasi ,UMKM,Perindustruan dan Perdagangan,"katanya.

   Ia menjelaskan salah satunya pengembangan hasil kerajinan tangan kain tenun yang sudah ditampilkan dipaviliun dan aneka produk makanan dan minuman yang dikembangkan untuk ajang promosi untuk tingkat nasional maupun internasional sehingga tidak kalah bersaing dengan produk lokal dari daerah lain.

Kata Eddy, kedepan diajang PRSU Pemkab Palas akan menampilkan bermacam produk unggulan daerah pada stand paviliun milik Pemkab, mulai dari produk-produk usaha kecil menengah, hasil kerajinan (craft).

Lebih jauh, tambah dia. tampilan produk lokal akan lebih baik dan menarik dengan melakukan inovasi-inovasi, agar paviliun menarik pengunjung dan warga.

“Kita berharap kedepannya paviliun dilokasi PRSU bisa  lebih baik lagi, selain menampilkan aneka produk unggulan daerah,bisa lebih dikembangkan lagi minimal harus memiliki sentra-sentra  di setiap kecamatan. “Minimal satu kecamatan memiliki satu sentral kerajinan lokal,” harapnya.*