JAKARTA - Prabowo Subianto memberikan pandangan berbeda dalam menjawab pertanyaan Jokowi mengenai e-sports. Menurut Prabowo, segala hal yang berhubungan dengan digital itu baik, namun bukan itu fokus persoalan bangsa.

"Digital-digital itu bagus, tapi rakyat kita butuh swasembada pangan," tutur Prabowo di panggung debat kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Prabowo mengatakan, jika terpilih menjadi presiden, dia akan memfokuskan pada persoalan pangan. Dia juga ingin meningkatkan kualitas hidup para petani, nelayan, sampai guru honorer.

"Saya memfokuskan nanti kebijakan-kebijakan saya dalam hal-hal yang mendasar. Yang menjawab kebutuhan pangan rakyat Indonesia, tingkatkan produksi pertanian, penghasilan petani. Kualitas hidup dan perlindungan pada nelayan, tingkatkan kualitas, lindungi buruh. Itu yang saya fokus," tutur Prabowo.

"Rakyat kita sedang susah," tegas Prabowo.

Pernyataan Prabowo itu menanggapi pernyataan Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan pemerintah harus cepat dalam merespons perkembangan dunia digital dan teknologi. Jokowi kemudian memamerkan infrastruktur digital untuk mendukung para gamers.

"Oleh sebab itu pemerintah membangun infrastruktur digital, broadband dengan kecepatan tinggi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan infrastruktur digital ini sangat penting bagi generasi milenial. Pembangunan infrastruktur digital itu diharapkan dapat memicu generasi muda untuk mengembangkan profesinya.

"Anak-anak muda memiliki infrastruktur dalam mengembangkan profesinya sebagai gamers," ujar dia.***