JAKARTA - Debat Pilpres 2019 membahas banyak hal salah satunya adalah pembahasan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengungkapkan adanya program pemberdayaan ekonomi adalah Dewi (desa wisata) dan Dedi (desa digital).

"Kami akan terus membangun. Di desa-desa, kami akan bangun 'Dewi' (desa wisata) dan 'Dedi' (desa digital)," jelas Ma'ruf.

Oleh Ma'ruf tidak dijelaskan secara rinci bagaimana desa digital yang ia sebutkan tersebut. Namun yang pasti, desa digital sendiri merupakan desa yang sudah bisa mengimplementasikan sejumlah teknologi dalam kesehariannya.

Bentuknya pun macam-macam, ada yang sebatas memasang akses WiFi bagi wilayah pedesaan tersebut hingga membenamkan kamera pintar sebagai alat pengawasan. 

Istilah Dewi dan Dedi ini pun mengundang reaksi beragam netizen di linimasa Twitter mereka banyak yang lucu serta nyeleneh dengan istilah tersebut. Dewi Desa Wisata Dedi Desa Digital...Aku menunggu singkatan lainnya Pak...tulis Rinaldi Ari (@rinaldiact) April 13, 2019.

"dedi dedi kukira mau ada program sugar dedi ternyata dedi desa digital, " cuit Ikek. (@ikeputriw_) April 13, 2019.

"Desa digital itu yang kaya gimana sih, harvesmoon kali ya," tulis Calon jenazah (@TegarSyamrfn) April 13, 2019.***