JAKARTA - Pariwisata halal jadi bahan debat yang seru dalam debat kelima Pilpres 2019. Capres Jokowi menyebut soal Indonesia juara satu wisata halal dunia dan rencana soal Halal Park.

"Sebagai negara muslim terbesar, kita punya kekuatan besar keuangan syariah. Indonesia sekarang nomor 1 di dunia di bidang wisata halal. Ini alhamdulillah," kata Capres Jokowi dalam debat yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Juara satu yang dimaksud ini adalah Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index 2019 yang diumumkan pada Selasa (9/4) lalu. Indonesia menjadi juara satu dunia.

Menindaklanjuti itu, menurut Jokowi pemerintah akan membuka Halal Park di kawasan Gelora Bung Karno (GBK). Halal Park ini akan diresmikan minggu depan.

"Wisata halal kita sudah ditetapkan sebagai nomor satu dunia. Kita akan fokus di sini. Minggu depan akan diresmikan halal park di Jakarta," kata Jokowi.

Sementara dari pasangan 02, Cawapres Sandiaga Uno juga mengatakan pariwisata halal memiliki potensi ekonomi yang sangat besar.

"Ini merupakan peluang yang harus kita ambil, bukan cuma menjadi pasar tapi mensuplai untuk dunia," kata Sandiaga.***