PALAS-Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kabupaten Padang Lawas(Palas) menggelar acara perpisahan siswa Kelas IX atau penyerahan kembali siswa  Tahun Pelajaran 2017/2018 kepada orangtua atau wali murid.

Acara  perpisahan siswa kelas IX berlangsung di halaman Madrasah, Kamis (11/4/2019). Kegiatan acara perpisahan di hadiri  Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Palas.Drs. Amran Hasibuan, sesepuh MTsn Hj Syamsidar Rasmi, Mantan Sekda Irfan Souruon Hasibuan, Anggota Dewan H.Fahmi Anwar Nasution dan para guru.

Kemenang Palas Drs. Amran Hasibuan mengatakan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang menjadi pilihan utama bagi orangtua untuk bersekolah di Madrasah.

Menurutnya Amran, perkembangan era  zaman dengan teknologi serba canggih harus diimbangi dengan ilmu agama  yang berorientasi pada nilai-nilai spiritual di samping nilai intelektual.

"Dilingkungan Madrasah para siswa tidak hanya menuntut ilmu pengetahuan umum tetapi lebih dari itu membekali hati dan nurasi siswa dengan siraman ilmu agama yang membentuk nilai akhlak dan moral serta pembentukan karakter untuk tingkah laku dan sikap  baik,"kata dia.

Selain itu,kata Amran, prioritas madrasah tentang  pendidikan keagamaan menjadi skala priotitas sehingga siswa terbekali dengan  keterampilan khusus ilmu agama yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kabupaten Palas Mahmidar Azwarni Nasution mengharapkan alumni madrasah mampu menjadi contoh disekolah maupun ditengah masyarakat dengan pengetahuan ilmu agama.

"Ibu berharap para alumni MTsN lebih berkiprah pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Menunjukkan ciri khasnya sebagai alumni MTsN yang berakhlak mulia.

Kata Hj Mahnidar, jumlah siswa yang dilepas kembali kepada orangtua untuk tahun ini berjumlah 419 termasuk didalamnya 17 siswa dari Kelas Jauh MTsN 1 Palas yang berada di Siraisan ,Kecamatan Ulu Barumun.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Palas H Fahmi Anwar Nasution ST mengatakan kiprah  madrasah terus ditingkatkan dalam  mendidik anak didik sehingga  mengantarkan siswa meraih prestasi akademik dijenjang sekolah yang lebih tinggi nantinya.

Ia menambahkan keberhasilan siswa mencapai prestasi tidak terlepas dari kerja keras kepala madrasah,tenaga pendidik ,komite madrasah serta orangtua murid.

Fahmi juga berpesan kepada siswa agar terus giat mengasah ilmu pengetahuan dengan fokus belajar untuk meraih cita cita masa depan.*