TANJUNGBALAI-Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Tanjungbalai menggelar simulasi pemungutan suara di TPS dan rekapitulasi hasil suara Pemilu tahun 2019 di halaman Gedung Bersejarah, Kelurahan Sungai Raja,Kecamatan Sungai Tualang Raso,Kamis (11/4/2019).

Ketua KPU Tanjungbalai Luhut Parlinggoman Siahaan mengatakan,tanggal 17 April tinggal 6 hari lagi,dan sebagai anggota KPPS perlu menyiapkan diri. Sebelum tanggal 17 April ini KPU akan memberikan buku pedoman tentang pemungutan dan perhitungan.

"Kalau tidak menguasainya alamat kapal akan tenggelam,sebab mungkin saja seluruh masyarakat menggunakan hak suara pada hari "H" pemungutan suara tanggal 17 April 2019 pekan depan,"katanya.

Menurut Luhut, akan banyak persoalan yang akan dihadapi nantinya.Oleh karenanya  pahami pedoman,paling tidak paham tata cara pemungutan,sebab ini akan rumit.

Ada tiga persolan yang harus dikuasai yaitu,pahami pedoman,kemudian harus menggunakan rasional berpikir pada pemungutan suara. "Untuk itu perlu pemahaman logika dan harus mempunyai keahlian berkomunikasi yang baik,"harapnya.

Simulasi yang pertama kalinya dilaksanakan pada Pemilu 2019 tersebut diikuti KPPS dari 3 wilkayah kecamatan di Tanjungbalai diantaranya,Kecamatan Sungai Tualang Raso,Teluk Nibung dan Tanjungbalai Utara. Acara itu juga dihadiri Komusioner KPU takbi Gustan Pasaribu,Muhammad Guntur, Bob Riandy dan Juhari.*