JAKARTA - Salah satu alutsista strategis kapal selam terbaru TNI AL telah selesai dibangun.  Hal ini ditandai dengan pelaksanaan Peluncuran dan Penamaan (Launching Ceremony and Ship Naming) kapal selam ketiga dari jenis diesel electric, KRI Alugoro - 405 di Dermaga Fasilitas Kapal Selam, PT PAL, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (11/4/2019). Dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., hadir dan menyaksikan langsung peluncuran kapal selam tersebut.

Pada acara ini, Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu memimpin pelaksanaan peluncuran kapal, sedangkan penamaannya dikukuhkan
oleh Ibu Nora Ryamizard Ryacudu dengan nama KRI Alugoro-405.

Nama Alugoro diambil dari nama sebuah senjata pemukul yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa. Senjata tersebut berupa gada yang digunakan oleh para ksatria atau bangsawan lainnya. Kekuatan senjata ini adalah dengan sekali pukul dapat menghancurkan kepala orang yang dipukulnya. Direncanakan kapal yang baru saja diluncurkan dengan nama senjata tersebut akan bergabung di Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmada II TNI AL.

Kapal ini merupakan Kapal Selam ketiga yang dibangun dengan skema alih teknologi (transfer of technology) antara Daewoo Shipbuilding Marine and Engineering (DSME) Korea Selatan, dengan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Surabaya. Berbeda dengan dua kapal selam Diesel Electric sebelumnya, yaitu KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali – 404, KRI Alugoro-405 adalah kapal selam pertama yang dirakit secara lokal di fasilitas PT PAL Surabaya.

“Ini merupakan lompatan besar bagi industri galangan kapal nasional, karena melibatkan transfer of technology dan transfer of knowledge dari DSME kepada PT PAL Indonesia”, ungkap Menhan RI saat acara peluncuran kapal selam tersebut.

KRI Alugoro-405 memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah permukaan air, mampu berlayar lebih dari 50 hari dan dapat menampung lebih dari 40 kru kapal ditambah dengan satu tim pasukan elit TNI AL untuk menunjang fungsi operasinya.

Dalam acara Peluncuran dan Penamaan KRI Alugoro-405 dilaksanakan juga kegiatan penyerahan maket kapal selam oleh Dirut PT PAL kepada Menhan RI, serta penandatanganan berita acara peluncuran dari perwakilan DSME kepada Kemhan RI. ***