PALAS-Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berkunjung ke Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Kedatangan Gubsu sejak Selasa (9/4/2019) malam itu bagian dari kunjungan kerja ke Kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Induk Tapsel.

Rangkaian kunker Gubsu  Edy Rahmayadi  didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nyonya Nawal Lubis serta rombongan Ponpes Al.Mukhlisin Sibuhuan meliputi tinjauan ke SMA N 1 Barumun ,SMK N 1 Sosa serta tatap muka dengan Kepala Sekolah ,Kepala Desa Lurah, Pimpinan OPD, ulama serta Camat di halaman komplek perkantoran  SKPD Terpadu Palas,Rabu (10/4/2019).

Gubernur Sumut yang juga mantan Pangkostrad ini disambut hangat oleh jajaran pemerintahan Pemkab Palas.

Bupati H Ali Sutan Harahap yang akrab disapa TSO  menyampaikan terima kasih atas kunjunga Gubsu. Dikesempatan itu, TSO memaparkan pembangunan yang sedikit demi sedikit terus dilakasanakan. Bahkan, TSO sempat menyinggung pembukaan jalan Palas-Madina yang sedang dalam pelaksanaan.

"Pembukaan jalan Palas tembus Madina yang sudah hampir selesai tidak terlepas dari dukungan Gubernur. "Alhamdulillah sudah dibuka, tinggal pengerasan dan peningkatan. Tentu ini juga kami bermohon didukung pak gubernur," jelas TSO.

Pada prinsipnya, Gubernur Edy sepakat akan pemerataan pembangunan disegala lini ditiap kabupaten. Hanya saja harus dengan anggaran yang mencukupi.

  Menurut Gubsu, saat ini PAPBD Pemprovsu Rp15 triliun. Yang bisa diputarkan sampai ke kabupaten/kota ini cuma Rp 5 triliun saja.

"Anggaran pemprovsu itu bisa normal mestinya harus ada Rp 40 triliun dengan rincian Rp 10 triliun untuk makan minum belanja pegawai, Rp30 triliun diputar sampai ke kabupaten/kota," jelas Gubernur.

Gubsu Edy juga menyinggung penataan kota dengan bergambar pada salah satu kota di Surabaya. Selain itu, penanganan sampah juga disinggung untuk bisa lebih baik lagi. Mulai kebiasaan warga bersih hingga penempatan sampah pada tempatnya.

Lebih dari itu, masalah sungai sebagai salah satu warisan alam harus dijaga. Mulai dari kebersihannya hingga penggunaannya yang diyakini Gubsu bisa ditata lebih baik lagi.

"Saya yakin pak bupati bisa menjaga sungai kita di Palas ini," ujar Gubsu. Selanjutnya Gubsu juga mengingatkan bahwa kepedulian sesama untuk membangun sumatera utara jadi lebih baik lagi. Tentunya kepedulian itu penting demi generasi anak cucu kelak.

Terlebih kepada para kepala desa yang berhadir agar senantiasa berjuang dan memikirkan kepentingan pembangunan desa. Bukan malah ikut-ikutan mempengaruhi masyarakat untuk memilih salah satu calon tertentu, pada pemilu serentak ini.

"Ini malah ada yang bilang kedatangan saya mau kampanye, bahkan ada kepala daerah yang enggan menerima saya. Saya tegaskan, saya tidak ada urusan dengan pemilu, mau siapa yang kalian pilih, kecuali lima tahun ke depan saya mau mencalonkan diri lagi. Baru saya kampanye," tegas Edy disambut suara  riuh para kepala desa.

Sebelumnya Gubsu bersama  Bupati TSO mengiringi rangkaian kegiatan kunjungan kerja Gubsu diawali dari berkunjung ke Ponpes Al Mukhlisin.

Gubsu Edy Rahmayadi sempat  berbincang dengan santri/santriwati dan para guru serta memberikan bantuan untuk pembangunan mesjid. Dilanjutkan kunjungan ke SMAN 1 Sibuhuan. Perlakuan sama kepada siswa/siswi juga disempatkan berbincang-bincang dengan siswa dan guru.

Diksempatan itu Gubsu memotivasi siswa agar lebih rajin belajar. Malah, pada salah satu kelas di SMA Negeri itu, Gubsu memberi hadiah kepada siswa peraih rengking tertinggi.

Dilanjutkan pertemuan dengan Kepala Sekolah SMA N 1 Barumun dan para guru agar menjadi motivator untuk mendorong siswa untuk terus belajar belajar dengan giat agar menjadi anak bangsa yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.*