Berkunjung ke Desa Buntu Pane, Tim Penilai Lomba PHBS Disambut Pemkab Asahan

Berkunjung ke Desa Buntu Pane, Tim Penilai Lomba PHBS Disambut Pemkab Asahan
Tim Penilai PHBS didampingi ketua TP PKK Asahan saat melakukan kunjungan ke desa Buntu Pane
Rabu, 10 April 2019 17:02 WIB
Penulis: Bayu Sahputra
ASAHAN-Tim penilai lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Nasional tahun 2019, kunjungi Desa Buntu Pane, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan,Rabu (10/4/2019).

Kunjungan tim penilai dan verifikasi yang di ketuai oleh dr Laksmi, disambut langsung oleh Bupati Asahan yang diwakili Wabup H.Surya Bsc dan Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Hj Winda Fitrika Taufan Gama, bertempat di Dusun IX Sei Godung Desa Buntu Pane, Rabu (10/4/2019).

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP dalam kata sambutannya disampaikan oleh Wabup H.Surya Bsc mengatakan, bahwa PHBS adalah merupakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat yang kesemuanya dilakukan dengan kesadaran pribadi agar keluarga dan kehidupan masyarakat menjadi sehat.

‘PHBS adalah merupakan rekayasa sosial yang bertujuan untuk menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas prilaku sehari-hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat," ucap Wabup.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang, dalam paparannya mengatakan bahwa dalam menerapkan PHBS di kehidupan sehari-hari, masyarakat Kecamatan Buntu Pane telah menerapkan berbagai indikator yang ada didalam program PHBS.

Dalam kesempatan itu, Winda menyampaikan tentang keinginan masyarakat, khususnya Kepala Desa Buntu Pane tentang budidaya tanaman Serai. Sebab menurutnya, Serai bukan hanya saja tanaman untuk mengusir nyamuk ataupun tanaman pelindung saja.
Ads

"Insya Allah dengan bantuan dari Ibu TP PKK Pusat dan Ibu Kementerian Kesehatan dan Pemkab Asahan, tanaman Serai dapat menjadi minyak, sehingga dapat dipromosikan dan dijual belikan sebagai penambah pendapatan Desa," sambung Winda.

Sementara itu, Ketua Tim penilai lomba PHBS tingkat Nasional Dr Laksmi, dalam bimbingan dan arahannya mengatakan bahwa kunjungannya beserta Tim Verifikasi ke Desa Buntu Pane adalah untuk melihat secara langsung berbagai kegiatan PHBS yang telah dilaksanakan.*
wwwwww