TANJUNGBALAI-Ratusan warga masyarakat,pelajar SMA dan SMK  yang sudah terdaftar memilih di Kota Tanjungbalai antusias mengikuti even KPU Run dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang dipusatkan di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Jalan Pahlawan Kecamatan Tanjungbalai Selatan,Sabtu (7/4/2019).

KPU Run yang diselenggarakan KPU Tanjungbalai bekerjasama dengan AZ Entertaiment ini meupakan bagian dari sosialisasi mengajak warga masyarakat pemilih pemula yang sudah terdaftar memilih di Tanjungbalai untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 yang jatuh pada 17 April 2019.

Suasana even KPU Run yang dilepas langsung Ketua KPU Tanjungbalai Luhut Parlinggoman Siahaan ini juga dirangkai dengan senam bersama, lucky draw,penyerahan penghargaan kepada Stakeholder,PPK dan PPS terbaik, pemberian hadiah  serta hiburan segar yang diperuntukkan khusus bagi kalangan warga masyarakat Tanjungbalai. "Tujuannya tidak lain,mengajak warga masyarakat ikut berperan aktif mensukseskan Pemilu 2019 serta menjaga stabilitas yang tetap kondusif,"imbuhnya.

KPU Run dengan tema "Satu Tujuan Melangkah Bersama" mengambil start dan finish di sekitaran Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah. Selain diikuti ratusan masyarakat, pemilih pemula pelajar SMA/SMK, peserta pemilu dan masyarakat umum. KPU RUN ini bertujuan mengingatkan pemilih bahwa 17 April 2019 akan dilaksanakan pemilu serentak.

Turut hadir diantaranya mewakili Walikota Tanjungbalai Kadis Sosial M Idris, Kapolres Tanjungbalai  diwakili Kasat Lantas, mewakilu Ketua DPRD  M, Nur Harahap.

M.Nur Harap mengapresiasi apa yang sudah dilaksanakan oleh KPU Tanjungbalai dan mengajak seluruh masyarakat Tanjungbalai menggunakan hak pilih dengan datang ke TPS dan menjaga situasi yang aman dan kondusif dilingkungan masing-masing.

Sementara Nurbaety salah seorang peserta yang ikut dalam even KPU Run menyatakan,sebagai pemilih pemula mengaku tertarik mengikuti KPU Rub. Alasannya dengan kegiatan tersebut dapat mengetahui pelaksanaan pemilu 2019 dan mengerti tata cara memilih. Sebagai kaum milenial ia juga mengajak pemilih pemula terlibat menyukseskan pemilu 2019.

"Saya senang dengan kegiatan yang diadakan KPU ini, sengat bermanfaat untuk kami yang baru pertama kali mengikuti pemilu, dengan kegiatan ini kami tahu jenis pemilihan yang akan dilaksanakan, jenis surat suara dan tatacara mencoblos, saya juga mengakak kaum melinial lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019," katanya,"tuturnya.

Ketua KPU Tanjungbalai Luhut Parlinggoman Siahaan mengatakan, KPU Runyang selenggarakan untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilih dan memastikan diri terdaftar sebagai DPT.

"Selain itu juga sebagai sarana sosilisasi tentang tatacara memilih dan jenis pemilihan yang akan dilakukan dan surat suara yang akan digunakan sehingga para peserta yang mengikuti KPU Run dapat mengetahui dan menginformasikan kepada masyarakat lainnya,"imbuhnya.

Menurut Luhut, selain KPU Run, KPU Tanjungbalai juga telah mengadakan berbagai kegiatan seperti, lomba stand up comedi, pentas seni, konser musik, juga pada hari pemungutan suara akan diadakan lomba selfie di TPS. Semua kegiatan tersebut untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019.

"Hari ini secara serentak diselenggarakan KPU Run ini memang diagendakan KPU RI supaya mengingatkan masyarakat agar datang ke TPS pada 17 April 2019 nanti untuk menentukan pemimpin lima tahun kedepan, selain sehat dengan berjalan olahraga bersama masyarakat juga diingatkan untuk berpartisipasi menyukseskan pemilu 2019, kami juga dalam kegiatan ini melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang tatacara mencoblos, jenis surat suara dan aturan memilih," pungkasnya.*