PALAS-Mendukung program  pemerintah pusat dalam upaya penguatan ketahanan pangan  nasional, Direncanakan Pemkab Palas akan mendirikan BUMD Pangan sehingga dapat menyerap hasil panen petani dan dapat menghindari gejolak harga.

  Demikian diungkapkan Wakil Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu saat membuka kegiatan  Sosialisasi Serapan Gabah Petani (Sergap) di   Dinas Pertanian Palas di Desa Gunung Manobot, Kecamatan Lubuk,kemarin.

Kata Wabup, secara umum tujuan mendirikan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) adalah memberikan sumbangsih pada perekonomian nasional dan penerimaan kas negara, mengejar dan mencari keuntungan, pemenuhan hajat hidup orang banyak, juga perintis kegiatan-kegiatan usaha dan memberikan bantuan dan perlindungan pada usaha kecil dan lemah.

Dia berharap agar pendirian BUMD tersebut dapat melibatkan banyak  partisipasi perorangan maupun kelompok, baik itu kelompok tani ataupu  gabungan kelompok tani.  Karena  semakin banyak yang berpatisipasi maka akan semakin banyak yang  mengawasi.

Menurut Wabup, pangsa pasar utama yang menjadi sasaran BUMD pangan tersebut yakni seluruh PNS yang berjumlah sekitar 4000 KK di daerah tersebut dan pengembangannya kemasyarakat umum dan luar daerah.

“Kulon Progo di Yokyakarta telah berhasil mendirikan BUMD Pangan dan tidak ada salahnya bila melaksanakan studi banding ke daerah itu,” ujar Wabup.

Kepala Dinas Pertanian Palas Ir H Abdulah dalam laporannya mengatakan kegiatan sosialisasi sergap dan rapat posko itu merupakan bukti konkrit dan konsep nyata untuk mempertahankan ketersedian pangan sesuai yang diamanatkan undang undang.

Sosialisai dan rapat posko itu diikuti 60 orang kelompok tani, 60 orang Penyuluh pertanian, Babinsa se Kab.Palas yang terdiri dari 43 personil, pengusaha gilingan padi 36 orang, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (KUPTD) 12 0rang dan pegawai Dinas Pertanian 64 orang.

Kata Abdullah , tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman di wilayah Padanglawas, mewujudkan visi misi pemda khususnya dalam bidang pertanian.

Hadir dan menjadi pembicara dalam acara itu, Kepala Bulog Perwakilan Padangsidimpuan, Danramil Barumun Kapt Fahri Batubara,  Danramil Sosopan Kapt Inf Syafaruddin Hasibuan, Danramil Barumun Tengah Kapt Inf Afsoru dan Danramil Sosa Kapt Arh Saleh Daulay.*