SERGAI-Polairud Polres Serdang bedagai (Sergai) melaksanakan Giat patroli gabungan hari pertama bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara di perairan berbatasan Sergai dan pagurawan dengan menggunakan kapal patroli Polisi KP. 2029 dan Kapal Patroli PSDKP.

Hal ini disampaikan Kasat Polairud Sergai, Iptu Candra Situmorang didampingi Dinas Perikanan dan Kelautan diwakili Togar Siregar, Posmat AL Kopka Agus di Dermaga Satpol Air , Kecamatan Tanjung Beringin, kepada Gosumut Kamis (4/4/2019).

Ia menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan giat patroli gabungan untuk membantu melakukan pengusiran secara tindakan persuasif. Dikarenakan jumlah dari pukat trwal tarik dari pagurawan cukup banyak yang beroperasi di wilayah perairan Sergai.

"Serta mencegah terjadinya konflik antara nelayan menjelang pilpres dan pileg 2019 dengan memberikan rasa nyaman dan aman bagi nelayan Sergai, khususnya nelayan Bagan Kuala dan kerumunan saat melaksanakan Aktipitas mencari ikan di laut,"ucap Iptu Candra.

Setelah giat patroli, team juga telah melakukan pemeriksaan 1 unit kapal ikan nelayan tradisional yang sedang melaut dan melakukan dialog singkat kepada nelayan dengan sehubungan situasi Kamtibmas perairan.

"Hasil pantauan kami nelayan tradisional melaut seperti biasanya, kemudian personil juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas perairan agar melaut tetap membawa alat keselamatan mengingat cuaca tidak menentu. Bilamana cuaca kurang baik angin kencang dan ombak tinggi agar jangan memaksakan melaut,"imbuhnya.

"Harapan kami kepada nelayan agar nelayan tradisional silahkan melaut seperti biasanya. Bila mana ada terlihat pukat tarik agar tetap berkordinasi kepada petugas yang terkait dan jangan ada yang main hakim sendiri. Jauhi konflik antar nelayan sehingga tercipta rasa aman. Dan jangan mau diprovokasi dengan orang lain yang ingin membuat konflik. Sukseskan pemilu pilres dengan aman dan kondusif," pungkas Iptu Candra.*