JAKARTA - Massa pendukung Pasang Calon (Paslon) nomor urut 2 pada Minggu 7 April 2019 besok rencananya akan hadir dan memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat. Bahkan dari informasi yang diperoleh GoNews.co, pihak BPN, targetkan sekitar 1 juta orang yang akan datang dalam acara tersebut.

Untuk itu Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melakukan koordinasi dan melakukan rekayasa Lalin guna lancarnya kampanye akbar terbuka tersebut.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Yusuf mengungkapkan jika pihaknya akan mengerahkan sebanyak 820 personil yang nantinya akan disebar di beberapa titik rawan macet dan konsentrasi massa.

"820 personil dikerahkan Lantas demi suksesnya acara. Tentu ada rekayasa lalin juga," kata Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jum'at (5/4/2019).

Lebih jauh Yusuf membeberkan, pola pengamanan tak berbeda jauh dengan kegiatan Asian Games lalu. Terbagi dalam 6 zona pengamanan strategi Lantas.

"Menerapkan sistem zona," ucapnya.

Selain memperkuat personil, Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan mobil patroli (Polda dan Satwil), mobil derek (bagi bus) dan ambulans. "Kendaraan operasional juga kita libatkan," pungkasnya.

Selain mengurus hal-hal teknis soal pengamanan, Yusuf juga mengusulkan kepada pihak SUGBK untuk memperhatikan sistem pembayaran masuk Senayan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di pintuk masuk.

"Masuk Senayan kan sekarang gak bisa cash jadi saya sudah berikan masukan kepada pihak pengelola untuk memperhatikan hal ini agar tidak terjadi penumpukan di pintu masuk," jelasnya.

Berikut rekayasa lalu lintas yang diberlakukan Ditlantas Polda Metro Jaya di seputar SUGBK :

1. Fly Over Sekat II dan Ladogi, kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi. Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke Semanggi, tidak ada yang menuju jalan layang Landogi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

2. Pintu FX Sudirman/ Jalan Pintu I Senayan, kendaraan dari arah bundaran Senayan diarahkan lurus ke Semanggi.

3. JL Hang Lekir 2, arus Lalin dari jalan Pakubuwono VI yang menuju ke arah kampus Mustopo diarahkan ke tol Pakubuwono.

4. Jalan Hang Lekir 1, arus Lalin dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Asia Afrika dibelokan ke kanan menuju Hang Tuah Raya.

5. Perempatan Patal Senayan, kendaraan dari arah jalan patal Senayan 1 yang mengarah di jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri Jalan Tentara Pelajar.

6. Pertigaan Tentara Pelajar, kendaraan dari jalan Tentara Pelajar menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Permata Hijau.

7. TL. Palmerah, kendaraan dari Manggala Wanabakti diluruskan ke arah jalan Tentara Pelajar.

Ditlantas juga menyiapkan kantong-kantong parkir bagi kendaraan bukan milik pribadi alias bus baik di dalam maupun di luar Senayan.

Berikut lokasi nya:

Dalam Senayan, parkir Hellypad yang mampu menampung 200 bus, parkir timur sisi utara yang mamou menampung 200 bus, parkir timur sisi selatan yang mampu menampung 200 bus.

Luar Senayan: Gedung DPR, Sepanjang Jalan Asia Afrika, sepanjang jalan gerbang pemuda, gedung Manggala Wanabakti, sepanjang jalan Gatsu, sepanjang jalan tentara pelajar.

"Untuk kendaraan pribadi tidak diberlakukan zona karena di dalm senayan sudah disiapkan tempat khusus oleh pengelola," tutur Yusuf.***