MEDAN-Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution menginginkan ilmuwan sosial dapat terus berperan lebih tajam lagi demi kelancaran pembangunan.

Di samping itu, Akhyar berharap Konfrenasi Nasional Sosiologi (KNS) VIII Tahun 2019 dapat memberikan banyak ilmu pengetahuan dan bisa membuka wawasan keilmuan dalam bidang sosial, khususnya sosiologi.

Harapan ini disampaikan Wakil Wali Kota Medan dalam acara jamuan makan malam dengan seluruh peserta KNS VII di pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan, Senin (1/4/2019).

Oleh karenanya, Pemerintah Kota (Pemko) Medan mendukung penuh digelarnya KNS VIII di Le Polonia Hotel dan Convention 1-3 April 2019. “Pelaksanaan KNS VIII tahun 20p19 ini saya harap akan mampu menambah gairah para sosialog dan calon sosiolog di kalangan mahasiswa sosiologi di Tanah Air. Berbagai kegiatan KNS ini saya yakin akan menjadi pelecut semangat untuk terus meneliti dalam berbagai fenomena yang terjadi di bidang sosial,” kata Wakil Wali Kota Medan.

Oleh karenanya bilang wakil wali kota, seluruh jajaran Pemko Medan mendukung penuh pelaksanaan KNS VIII yang mengusung tema, ‘Manajemen Bencana dan Kebencanaan di Negara Cincin Api yang dipandang Perspektif dan Kontribusi Sosiologis’ sehingga berjalan dengan sukses dan lancar.

Selain itu juga dapat menghasilkan keputusan yang bermanfaat, termasuk dalam mendukung kelancaran pembangunan. "Di samping itu juga saya berharap agar KNS VIII juga menghasilkan pengetahuan baru tentang manajemen bencana dan kebencanaan di negara Indonesia yang merupakan Negara Cincin Api, sehingga dapat menambah wawasan kita di bidang tersebut,” harapnya.

Jamuan makan malam yang berlangsung dengan suasana penuh kekeluargaan itu turut dihadiri Asisten Umum Renward Parapat, Kadis Pendidikan Drs Marasutan dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Arjuna Sembiring, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISI) Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin MSi, Ketua Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APSSI) Dr Ida Ruwaida Noor MSi dan Narasumber KNS VIII Linda Damayanti.

Sementara itu Ketua APSSI Dr Ida Ruwaida Noor MSi menjelaskan, APSSI kembali akan menggelar KNS VIII di Medan selama tiga hari.

Atas nama APSSI, Ida menyampaikan ucapan terima kasih atas jamuan makan malam yang digelar Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kepada seluruh peserta KNS VIII 2019. "Kami mengucapkan terimakasih atas jamuan makan malam yang digelar Bapak Wali Kota Medan, tentunya ini suatu kehormatan bagi para peserta,” ungkap Ida.