PALAS-Dinas Pendidikan Provinsi Sumut diwakili Kacabdis Pendidikan Gunung Tua, melakukan peninjauan pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas).

   Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA dan Madrasah Aliyah di sejumlah sekolah di daerah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan Padang Lawas (Palas), Senin (1/4/2019) berjalan lancar dan tertib.

Kepala Cabang Dinas Provsu Gunung Tua diwakili Kasubag Tata Usaha Maradoli  Hasibuan bersama utusan Dinas Pendidikan Provsu  Feri Aditiyan Purba , LPMP Sumut  Ariady didampingi Kepala Sekolah SMA N 1 Barumun M.Nasir melakukan peninjauan kegiatan pelaksanaan disekolah tersebut.

Dalam kesempatan itu ,Maradoli  mengatakan, dari hasil pantauan yang dilakukan dihari pertama ini pelaksanaan UNBK berjalan dengan baik.

"Kami dari Dinas Pendidikan berharap para siswa nanti dapat lulus dengan nilai yang baik sesuai standart kualitas mutu," katanya.

  Ia  juga mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak termasuk kepada pemerintah kabupaten  dan para kepala sekolah sehingga pelaksanaan UNBK  berjalan dengan aman sesuai harapan.

Selain itu, Maradoli berpesan kepada para siswa peserta UNBK untuk dapat  berkonsentrasi dalam mengikuti ujian agar lulus sehingga bisa melaksanakan studinya kejenjang yang lebih tinggi.

Sesuai data di Dinas Pendidikan Provsu Cabang Gunung Tua menyampaikan, jumlah siswa yang mengikuti pelaksanaan UNBK di Kabupaten Paluta diikuti 2659 siswa, dengan 50 sekolah penyelenggara sedangkan di Kabupaten  Palas jumlah peserta UNBK,2521,dengan 34 sekolah penyelenggara.

" Jumlah peserta UNBK Tahun Pelajar (TP) Tahun 2018-2019 di Kabupaten Paluta dan Palas diikuti sebanyak 5.180 siswa atau sebanyak 84  sekolah  penyelenggara ,"kata Maradoli.

Kata Maradoli ,bagi siswa yang tidak bisa mengikuti ujian ini karena disebabkan sakit atau halangan yang  menurut peraturan itu bisa memenuhi syarat yang bersangkutan nantinya akan ikut di ujian susulan pada tanggal 15 - 16 April nanti yang mana pelaksanaannya secara serentak.*