MAKASSAR - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyapa warga Sulawesi Selatan (Sulsel) di dua titik, yakni Kota Makassar dan Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Kampanye Jokowi di dua tempat itu ramai dihadiri warga, Minggu (31/3).

Jokowi mengatakan, dia tak ingin muluk-muluk dengan target perolehan suara di Sulawesi Selatan. Harapannya, minimal menyamai hasil di Pilpres 2014.

"Ya kita di tahun 2014 di Sulsel kita mendapatkan angka 71,41 (persen), saya ingat betul. Ya tahun ini minimal sama. Minimal sama. Itu saja sudah," kata Jokowi di Stadion Kalegowa, Gowa, Sulsel, Minggu (31/3).

Angka 71 persen itu, Jokowi berharap akan terwujud. Sebab, ia menilai, antusiasme masyarakat di dua titik itu menjadi buktinya.

"Kita lihat tadi, dengan Pak Nurdin Abdullah, di Karebosi, kemudian dengan Pak Ichsan (Adnan Purichta Ichsan, Bupati Kab Gowa) di Gowa tadi antusiasme masyarakat cukup besar. Jadi kalau saya lihat angka tadi mestinya insyaallah ya ketemu," ucap Eks Gubernur DKI itu.

Soal ajakannya kepada warga agar memakai baju putih saat mendatangi TPS pada 17 april nanti, Jokowi menepis komentar-komentar miring sebagian kalangan.

"Sekarang pakai baju putih enggak apa apa. Dulu pakai baju kotak-kotak juga enggak apa apa. Sekarang baju putih baju yang sangat netral semua orang memiliki," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, perolehan suara Jokowi-JK di Pilpres 2014 mengungguli pesaingnya pada saat itu, Prabowo-Hatta. Jokowi-JK meraih perolehan 71,41 persen suara atau sebanyak 3.037.026 suara. Sedangkan pasangan Prabowo-Hatta meraih suara 1.214.857 atau 28,59 persen.

Jokowi juga berbicara bagaimana menjaga staminanya agar tetap fit selama aktivitas kampanye yang padat ini. Ia mengaku kerap dibuatkan Temulawak Jahe oleh Iriana, istrinya, agar stamina fit.

"Harus makan. Ya jamu ya sudah saya sampaikan berkali kali. Temulawak jahe. Terus (selama kampanye). Tanya Ibu(Iriana). Temulawaknya sama jahe masih terus setiap hari? Tuh lihat tuh lihat," sebutnya.***